SERGAI - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Serdang Bedagai bekerja sama dengan Polres Sergai dan Pemkab Sergai, menggelar sosialisasi protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 di Aula Pantai Romantis Desa Sei Nagalawan, Kecamatan Perbaungan, Kamis (19/11).
Sosialisasi prokes ini dirangkaikan juga dengan pembagian paket sembako kepada anak yatim dan para wartawan terdampak Covid-19 serta pembagian masker ke masyarakat.

Ketua PWI Sergai, Anwar Siregar menyampaikan, kegiatan ini dilakukan didasarkan karena wartawan mempunyai tanggung jawab moral untuk turut berperan serta menekan angka penyebaran pandemi Covid-19.

"Sosialisasi yang dilaksanakan pada hari ini bekerja sama dengan pihak Pemkab Sergai dan Polres Sergai," ujar Ketua PWI Sergai.

Sementara itu, Kadis Kominfo melalui Kabid PIKP Kamal berdasarkan data terakhir peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Sergai mulai tanggal 18 November 2020 jumlah positif Covid-19 sebanyak 232 orang, sembuh 180 o dalam perawatan di rumah sakit maupun isolasi mandiri 42 orang serta meninggal dunia 10 orang.

"Kami perwakilan Dinas Kominfo mengapresiasi PWI Sergai yang menggelar sosialisasi prokes Perbub nomor 35 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendaliam Covid-19," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kapolres AKBP Robin Simatupang dalam penyampaian materinya mengatakan, sampai saat sudah hampir satu tahun pandemi Covid-19 belum ada tanda-tanda berakhir, sehingga masih tetap menjadi perhatian semua pihak dari Pemerintah Pusat sampai ke Pemkab termasuk di Sergai, begitu juga terkait vaksin Covid-19 belum tersedia yang diperkirakan awal 2021 vaksin bisa digunakan masyarakat secara bertahap.

"Sebelum ada vaksin kita berupaya menurunkan angka penyebaran Covid-19, salah satu caranya dengan sosialisasi yang dilaksanakan PWI Sergai ini sehingga bisa mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat melalui pemberitaan. Itulah fungsi media yang turut berperan terhadap memutus mata rantai penyebaran Covid-19," papar AKBP Robin Simatupang.

"Angka Covid-19 bisa diturunkan, caranya dengan bekerja keras, kekompakan, kebersamaan dan peran serta aktif dari seluruh pihak dalam upaya mensosialisasikan protokol kesehatan salah satunya juga peran serta Wartawan, sehingga kedepan Sergai terbebas dari Covid-19.

"Kedepan Polres Sergai bekerja sama dengan semua pihak di Kabupaten Sergai termasuk dengan PWI Sergai tidak henti-hentinya melaksanakan sosialisasi betapa pentingnya protokol kesehatan dalam upaya menekan penyebaran pandemi Covid-19, tentunya dengan penegakkan disiplin protokol kesehatan Covid-19," pungkas AKBP Robin Simatupang.

Acara diakhiri penyerahan bingkisan dari Kapolres Sergai kepada wartawan terdampak Covid-19 sebanyak 30 paket.

Turut hadir Kasubbag Humas Polres Sergai AKP. Sopian, Kadis Kominfo Sergai diwakili Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Kamal, perwakilan Dinas Kesehatan Sergai.

Ketua dan Sekretaris PWI Sergai Anwar Siregar dan Mukhlis Siregar, Bendahara, St Sahat Sinaga, Wakil Ketua Robet Banjarnahor dan Wakil Sekretaris Edi Saputra, angota PWI Sergai serta belasan Wartawan media Cetak, Siber dan elektronik.