TAPANULI SELATAN - Bahcrum Harahap, mantan Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) 2 Periode pilihan rakyat langsung, memberikan wejangan kepada Dolly Putra Perlindungan Pasaribu, Calon Bupati Tapanuli Selatan di Pilkada 2020.

Berikut ini wejangan atau support maupun nasehat yang diberikan untuk mendorong Calon Bupati Dolly lebih bersemangat dapat memimpin Tapanuli Selatan melanjutkan pembangunan bersama Calon Wakilnya Rasyid.

Pertama, bekerja secara tulus iklhas, serta menaati (memahami) seluruh aturan atau regulasi yang ada. Menghargai seluruh elemen yang ada. Hindari sifat kebencian, jangan sombong, pertahankan sikap rendah hati.

Kemudian, mendengarkan masukan-masukan yang ada. Tidak cepat memercayai semua informasi yang datang tanpa croschek betul lebih dahulu. Harus peka segala seluruh persoalan yang ada. Tidak menyimpan dendam, tidak mendiskreditkan pribadi maupun kelompok.

Lalu, memandang sesuatu jangan menggunakan "kacamata kuda", hubungan sinergitas seluruh elemen dibangun, dengan Unsur Forkopimda diperkuat, jaringan sinergitas ke Provinsi dan Pusat dibangun baik.

"Setiap orang pasti silap, setiap orang pasti salah, setiap orang pasti butuh orang lain, setiap orang pasti ingin yang terbaik. Karenanya, pandai-pandailah mengayu sampan agar selamat menyeberang ke pulau," katanya dalam arti kiasan.

Yang penting bersahabat dengan semua orang. Hargai siapun orangnya. Biarkan orang-orang menyakiti asal jangan kita, apalagi yang memulai (mengada-ada). Hindari fitnah, tambahnya. Abaikan ocehan orang. Terus berkarya dan berbuat dengan masyarakat, dan jangan berjanji.

"Soalnya politik itu tidak ada yang abadi. Tidak ada rasa persahabatan, yang ada dibaliknya adalah kepentingan. Jauhkan rasa egoisme dan angkuh. Hari ini lawan besok bisa menjadi kawan, justru hari ini kawan besok menjadi lawan," tandasnya.

Pertemuan Bahcrum dan Dolly, sore itu di Padang Sidempuan boleh dikatakan cukup bermakna dan penuh kekeluargaan dan keceriaan ibarat antara orangtua dan anak. Apalagi Bachrum meyakini Dolly-Rasyid akan mampu memenangkan pertarungan merebut "BB 1" di Pilkada 09 Desember 2020 mendatang.

"Tetimakasih Uda (panggilan hormat ke yang lebih tua) semua atas doa, dukungan, serta wejangan yang Uda berikan, semoga semua ini dapat dijalankan demi kelanjutan pembangunan Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera," tutup Dolly seraya beranjak untuk melaksanakan Shalat Magrib.***