MEDAN - Konsistensi Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Perwakilan Sumatera Utara dalam menghadirkan solusi terhadap problem masyarakat senantiasa terus dipelihara melalui berbagai program yang menyentuh langsung kehidupan dan kebutuhan mendasar.


Bertepatan dengan momen Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini, Rabu (28/10/2020) kemarin, BMH Perwakilan Sumatera Utara merealisasikan program pemberdayaan ekonomi.

Program tersebut diwujudkan berupa Etalase atau Steling, Tenda, Alas Jualan dan Modal Usaha. Selain itu juga diberikan tambahan peralatan makan dan minum, celemek dan masker. Peralatan ini akan menjadi modal usaha Sarapan Pagi yang berjualan di Jalan Pintu Air SM Raja Kota Medan.

Bantuan pemberdayaan tersebut diberikan kepada oleh Manager Program dan Pemberdayaan Irvan Mendrofa kepada Ibu Wahyuni, janda tangguh yang memiliki 5 orang anak yatim.

Irvan Mendrofa memaparkan bahwa bantuan Pemberdayaan di bidang ekonomi ini merupakan realisasi dari program Ibu Hebat. Dimana sasaran penerimanya adalah kaum perempuan yang menjadi Ibu yang ditinggal wafat suaminya yang juga sekaligus menjadi pencari nafkah untuk menghidupi anak dan tanggungan lainnya.

“Ini wujud kepedulian BMH terhadap masyarakat yang mengalami kekurangan dalam memenuhi kebutuhan hidup khususnya ibu ibu ibu janda yang memiliki anak yang jumlahnya tiga orang atau lebih. Jadi ada kriteria khusus bagi penerima bantuan ini," tegas Irvan.

Harapannya melalui program Ibu Hebat, nantinya para penerima manfaat dapat memenuhi kebutuhan hidupnya yang pada gilirannya dari usaha yang dijalankannya menjadikan mandiri dan sejahtera.

Kebahagiaan di hari ini sangat dirasakan oleh Wahyuni, seorang singel parent dengan lima anak. Sebab belum lama ini ia dirumahkan dari perusahaan travel tempat ia mengais rezeki, yang terpaksa gulung tikar karena terdampak pandemi ini.

“Selama beberapa bulan ini hanya berharap dari saudara dan kawan-kawan yang peduli sama kami,” kisahnya.

Kebahagian dan rasa terharu pun tampak dari raut muka ibu Wahyuni seketika saat Bantuan Paket Usaha tiba di lokasi. “Saya berterimakasih atas bantuan ini. Saya doakan agar donatur BMH rezekinya semakin lapang dan selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Dan buat BMH terus berkarya untuk membantu orang lain, Amin," ucapnya haru.