LANGKAT - Dinas Pariwisata Kabupaten Langkat bersama Direktorat Pemasaran Ekonomi Kreatif Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI, kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pemasaran ekonomi kreatif kepada pelaku UKM di Kabupaten Langkat.

Bimtek yang dilaksanakan Gedung Unit Darma Wanita Pertamina (UDWP) Pangkalan Berandan, Langkat, Rabu (28/10/2020) kemarin, dihadiri Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui wakilnya H. Syah Afandin didampingi Kadis Pariwisata Langkat Hj. Nur Elly Heriani Rambe.

Perwakilan Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif melalui Koordinator Pemasaran Film Televisi dan Animasi, Feriandy menjelaskan, saat ini para pelaku usaha harus siap bersaing di dunia usaha dengan mengikuti perkembangan zaman.

"Baik untuk usaha kecil, maupun usaha besar," sebutnya.

Jadi, sambungnya, para pelaku usaha Langkat semuanya harus bisa masuk kedalam era digital serta mengikuti prosesnya.

"Guna memperkenalkan merek dan menjajakan produknya melalui internet," ujarnya.

Jadi diharapkan, masih Feriandy, para pelaku usaha dapat mengikuti Bimtek ini dengan baik dan serius.

Sedangkan, anggota Komisi X DPR RI Prof.Dr.Ir.Djohar Arifin Husin berharap, dengan Bimtek ini membuat pelaku wisata dan usaha di Langkat tidak terhenti kreatifnya, untuk menghasilkan rezeki, meski terdampak covid 19.

"Jadi, saya berharap, para peserta dapat memanfaatkan momen bimtek ini dengan maksimal," ungkapnya.

Untuk itu, Djohar berharap, Bintek ini mampu meningkatkan kemampuan SDM dari pelaku usaha, khususnya pelaku UKM disekitar lokasi pariwisata, sehingga berdampak kepada peningkatan ekonomi masyarakat di daerahnya.

Sementara, Wabup Langkat, mengharapkan Bimtek ini dapat meningkatkan SDM pelaku UKM di Langkat, sehingga membuat peningkatan perekonomian kerakyatan dan PAD Langkat dari sektor wisata.

Sebab, Kabupaten Langkat, kaya akan potensi pariwisata baik wisata alam, budaya, sejarah dan destinasi religi, selain itu setiap objek wisata tersebut memiliki kegiatan ekonomi kreatif.

"Pemkab Langkat sangat mendukung dan mengapresiasi Bimtek ini, karena tujuannya sejalan dengan visi misi Pemkab Langkat, untuk menjadikan Langkat Yang maju dan Religius melalui perkembangan Pariwisata. Oleh karena itu, pemasaran pariwisata Langkat, harus menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan,” pungkasnya.

Selanjutnya, Wabup berharap kepada peserta Bimtek, agar memanfaatkan momen kegiatan ini dengan baik dan serius. Semoga ilmu yang diberikan dapat dipahami dan diimplementasikan, sehingga benar-benar bermanfaat untuk mendongkrak perekonomiannya.*