JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan lumbung pangan di Sumatera Utara (Sumut) bisa menjadi contoh bagi provinsi lain untuk membangun food estate.

Hal itu disampaikan Presiden saat meninjau lokasi lumbung pangan di Humbang Hasundutan, yang dipantau melalui tayangan langsung virtual.

"Ini akan jadi contoh untuk provinsi lain yang ingin membangun food estate," kata Presiden Jokowi saat meninjau proses pembangunan kawasan lumbung pangan (food estate yang akan menjadi lahan pertanian modern berbasis hortikultura di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Selasa (27/10/2020).

Melalui pantauan virtual, Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia memiliki dua provinsi yang akan dipakai memulai program lumbung pangan yakni di Sumatera Utara dan Kalimantan Tengah.

Tersedia 30 ribu hektar lahan untuk food estate di Sumatera Utara dari total lahan pangan yang ada sebanyak 60 ribu hektar di sana. 30 ribu hektar lahan untuk food estate tersebut tersebar di beberapa kabupaten yakni di Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kabupaten Pakpak Bharat.***