Kemendagri sebut Transparansi Informasi jadi Kunci Sukses Penanganan Pandemi

Kemendagri sebut Transparansi Informasi jadi Kunci Sukses Penanganan Pandemi
Kapuspen Kemendagri, Benni Irwan saat mengikuti Silaturahmi Nasional Badan Publik & Rapat Koordinasi Nasional ke-11 Komisi Informasi se-Indonesia Tahun 2020, dari Gedung Kemendagri, Jakarta, Senin (26/10/2020). (foto: ist./puspen kemendagri)
Senin, 26 Oktober 2020 20:16 WIB
JAKARTA - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Benni Irwan berpandangan, optimalisasi penyediaan dan penyampaian informasi tentang Covid-19 secara transparan, merupakan salah satu kunci sukses dalam menangani pandemi Covid-19.

Seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah, menurut Benni harus tetap melaksanakan fungsi-fungsi pelayanan dengan mengoptimalkan teknologi informasi secara transparan, cepat, tepat, dan akuntabel sehingga penanganan Covid-19 ke publik dapat tercapai sesuai harapan.

"Komunikasi publik yang efektif menjadi salah satu kunci kesuksesan penanganan Covid-19," kata Benni dalam acara Silaturahmi Nasional Badan Publik & Rapat Koordinasi Nasional ke-11 Komisi Informasi se-Indonesia Tahun 2020 yang Ia ikuti secara virtual, Senin (26/10/2020).

Dalam forum virtual bertajuk "Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Indonesia Sehat" itu, Benni meminta penyampaian informasi publik terkait Covid-19 harus disusun dengan tujuan jelas dan terukur, serta dengan dukungan kolaboratif berbagai pihak.

"Perlu dilakukan koordinasi bersama-sama dalam membangun persepsi masyarakat bahwa dengan komunikasi publik yang integratif-sinergis, masyarakat merasakan bahwa pemerintah itu hadir dan tanggap dalam menghadapi situasi krisis yang terjadi pada saat sekarang ini," papar Benni.

Benni mengatakan, Kemendagri telah melakukan berbagai upaya dalam penanganan Covid-19, termasuk mengawal pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19. Selain itu, Kemendagri juga sudah menerbitkan buku tentang pedoman manajemen bagi pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19.***
Editor : Muhammad Dzulfiqar
Kategori : Pemerintahan, Gonews Group
www www