JAKARTA - Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita menyebutkan, bahwa upaya pengembangan industri halal memiliki tiga fokus utama yang kemudian akan dijabarkan oleh KNEKS dalam bentuk program.

Ketiga fokus utama itu yakni; 1) Pengembangan infrastruktur dan klaster industri halal sebagai kontributor penting ekonomi nasional; 2) Pengembangan halal standar/HAS yang komprehensif untuk percepatan industri halal nasional; 3) Peningkatan kontribusi industri halal terhadap neraca perdagangan nasional di sektor-sektor unggulan.

Sementara, jabaran dalam beberapa program yang dikoordinasikan oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) antara lain; Penyusunan strategi nasional pengembangan industri halal; Pengembangan zona halal dalam kawasan industri; Pengembangan kawasan industri halal baru, dan; Pelabuhan halal.

Sejauh ini, kata Agus dalam seminar daring di Jakarta, Sabtu (24/10/2020), "sudah terdapat dua kawasan industri halal yakni Kawasan Industri Modern Cikande dengan luas 500 hektare di Serang, Banten dan Kawasan Industri Safe n Lock seluas 9,9 hektare di Sidoarjo, Jawa Timur,".***