MEDAN - Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT menyerahkan penghargaan kepada tokoh yang selama ini memiliki perhatian yang besar dalam mengembangkan koperasi serta pengurus koperasi yang telah melakukan berbagai upaya penyejahteraan anggotanya. Penghargaan tersebut diberikan ke dalam beberapa kategori diantaranya, tokoh koperasi, penggiat koperasi, koperasi  terbaik, dan koperasi sehat.
Pemberian penghargaan ini bertepatan dengan Peringatan Hari Koperasi Nasional ke -73 dan hari UKM ke -5 tingkat Kota Medan tahun 2020 bertempat di Hotel Santika, Jumat (23/10). Diharapkan melalui peringatan ini dapat memacu para penggiat koperasi dan pelaku UMKM di Kota Medan dapat lebih berinovasi dan memanfaatkan peluang di tengah pandemi.

Pjs Wali Kota Medan dalam arahannya mengatakan dimasa pandemi ini tidak hanya menyisakan kesusahan saja namun terdapat banyak peluang usaha baru yang dapat dilakukan asal mau melakukan kreativitas melalui ekonomi digital atau biasa disebut e-commerce. "Para Pelaku UKM harus dapat memperhatikan potensi ekonomi digital generasi milenial. Artinya perubahan pola pikir akan berdampak terhadap perkembangan dunia digital," katanya.

Kota Medan, tambah Pjs Wali Kota, saat ini memiliki banyak potensi Koperasi dan UKM yang sangat beragam untuk dikelola secara maksimal. Khusus untuk UKM jumlah Pengusaha UKM cukup banyak dan beragam produk yang dihasilkan. Kondisi pandemi, menurut Arief, harus dijadikan motivasi untuk melakukan gebrakan memanfaatkan teknologi informasi mengembangkan usaha.

"Mempelajari peran dunia digital dalam bidang pemasaran produk UKM dan Koperasi akan sangat penting untuk perkembangan UKM dan Koperasi di masa mendatang. Artinya jika ini bisa dilakukan maka potensi produk UKM dan Koperasi Kota Medan akan terus berkembang dan semakin besar,” kata Pjs Wali Kota Medan.

Selanjutnya, Pjs Wali Kota Medan juga menyampaikan selamat kepada penerima penghargaan. Pjs Wali Kota berharap penghargaan ini tidak hanya menjadi motivasi kepada yang menerima saja melainkan menjadi inspirasi kepada kita semua untuk dapat mengembangkan potensi yang ada di dalam diri sendiri. "Saya ucapkan selamat kepada yang telah menerima penghargaan pada Harkopnas dan Hari UMKM. Saya berharap ini menjadi motivasi dan inspirasi agar lebih mengembangkan usaha dan koperasi kedepannya", pungkas Arief.

Peringatan Harkopnas ke -73 dan Hari UKM ke-5, yang dihadiri Ketua Dewan Koperasi Indonesia Kota Medan, Tarmizi Lubis, Ketua Pusat Koperasi Pegawai RI Kota Medan, Muhammad Yunus Lubis, Segenap Pimpinan OPD.