MEDAN - Sebagai ikhtiar menyelamatkan masyarakat dari paparan bahan-bahan kimia pangan yang dapat merusak kesehatan masyarakat, Owner UMKM My USU (Untuk Seluruh Umat) Dr. Muhammad Sontang Sihotang S.Si M.Si pendiri Institut (Pusat Kajian) Sosial Engineering Sontang Sihotang yang juga Dosen FMIPA Universitas Sumatera Utara (USU) bersama inovator kebijakan publik Dra. Dara Aisyah M.Si Ph.D yang juga Dosen FISIP USU menciptakan produk air minum dalam kemasan berbahan ekstrak kalsium organik dari tulang ikan yang dapat langsung dikonsumsi masyarakat untuk kesehatan dan imunitas tubuh. Nama produknya USU Qua. Menurut Dr. Muhammad Sontang Sihotang didampingi Dara Aisyah kepada GoSumut.com, Kamis (22/10/2020), air USU Qua yang ditemukannya dari hasil riset ilmiahnya tidak hanya dapat diminum langsung sebagai pelepas dahaga, tapi juga berguna untuk mengadsorbent (melumpuhkan) radikal bebas yang ada di dalam tubuh berupa racun-racun, kuman, bakteri dan virus jahat termasuk Coronavirus Diseas 2019 (Covid-19).

Air USU Qua Adsorbent dalam bentuk air minum berkalori ternyata manfaatnya juga beragam. Selain dapat digunakan untuk sanitizer yg berfungsi membersihkan mata, hidung, mulut dan wajah yang berfungsi sebagai antiseptik alami, juga dapat digunakan sebagai penyerap kuman atau anti virus. Keunggulannya lagi, dapat diisi ulang ke dalam botol spray bekas dan bisa dibawa kemana saja.

Produk kekinian itu sudah tersedia di tengah masyarakat dengan nama dagang Spray My USU (Untuk Seluruh Umat). Fungsi produk tersebut, kata Dara Aisyah berguna untuk adsorbent cairan 3 in 1 sebagai minuman berkalori, sanitizer dan disinfektan. "Luar biasa produk yang ditemukan Dosen Prodi Fisika FMIPA USU Khalifah Dr. Muhammad Sontang Sihotang S.Si M.Si ini," tutur Dara Aisyah.

Dijelaskan Dara Aisyah, ancaman virus Coronavirus (Covid-19) yang belum mereda, menuntut semua orang melakukan perlindungan diri dengan selalu membersihkan mata, hidung dan mulut, minum air kalori, dan menyemprot seluruh badan, serta tetap menjaga kebersihan rumah sebagai langkah pencegahan.

Menurut Dara Aisyah, penggunaan air USU Qua adsorbent alami untuk minuman berkalori, sanitizer dan antiseptik, sangat dianjurkan sebagai penyerap anti kuman dan bakteri organik yg tidak ada efeknya terkena tubuh. Sementara secara umum, kata Dara Aisyah, disinfektan dan sanitizer mengandung bahan kimia berdampak buruk bagi manusia. Seperti disinfektan mengandung klorin berbentuk gas pada suhu kamar, paparan umumnya terjadi melalui inhalasi atau dengan cara dihirup. Jika klorin di udara terhirup dalam jumlah kecil, akan menyebabkan iritasi mata atau kulit dan ditandai sakit tenggorokan dan batuk. Bau klorin dapat memberikan peringatan dini sehingga kita mengenali keberadaannya. 

Sedangkan Apatite Adsorbent dalam bentuk Air Kalori USU Qua yang berfungsi sebagai disinfektan alami. Kandungan ekstrak kalsium organik tersebut menjadikan disinfektan alami dengan beberapa keunggulan yaitu aman dan efektif mengadsorb kuman dan virus. Dapat di semprot ke mata, hidung dan mulut serta seluruh tubuh. Boleh di minum. Bisa untuk filler chamber dan bahan fogging untuk penyemprotan ruangan, dan ramah lingkungan," papar Dara Aisyah.

Begitu juga dalam penggunaannya, kata Dara Aisyah, dapat digunakan dengan berbagai cara dan manfaat yaitu penyemprotan. Penyemprotan dengan menggunakan spray botol pada mata, hidung, mulut dan seluruh tubuh, ruangan dan permukaan benda.

Kemampuannya, lanjut Dara Aisyah, dapat mengadsorb atau menyerap kotoran dalam ruangan. Dapat juga digunakan sebagai adsorbent kotoran di lantai.

Dalam penggunaannya sebagai Apatite Adsorbent disinfektan, kata Dara Aisyah juga boleh dipakai dalam jumlah berapapun banyaknya apakah untuk disemprot ke mata, hidung, mulut, dan seluruh tubuh sehingga menjadi lebih segar dan fresh.

Jika Air Kalori USU Qua disemprot ke seluruh ruangan di rumah maupun di tempat kerja, kata Dara Aisyah, ruangan menjadi terlindungi dari kuman dan virus. "Bahkan diminum langsung juga bisa untuk menambah stamina dan imunitas tubuh dalam melawan kuman dan virus-virus," pungkas Dara Aisyah. Untuk pemesanan Air Kalori USU Qua dapat menghubungi Hp/WA 081263194968.***