SAMOSIR - Kepolisian Resort Samosir menggelar penandatanganan pakta integritas Pilkada damai yang dilakukan oleh pasangan calon peserta Pilkada Samosir 2020, Selasa (20/10/2020) di Mapolres Samosir.


Dalam arahannya, Bupati Samosir Lasro Marbun menyampaikan, demokrasi hanyalah alat, maka jika masih ada yang ribut dan bertikai dalam berdemokrasi patut dipertanyakan.

"Oleh karena itu, kedamaian harus tetap dijunjung tinggi agar demokrasi dapat berjalan dengan baik dan damai," pesan Lasro.

Tak hanya itu, Lasro juga meminta seluruh pihak agar tetap saling menghargai. Makanya, seluruh paslon, tim sukses, dan partai yang berkepentingan agar menarik simpati warga dengan cara-cara terhormat, sehingga tercipta pilkada yang damai dan sejuk.

Sementara itu, Kapolres Samosir AKBP M. Saleh dalam sambutannya menyampaikan, pakta integritas ini diselenggarakan dalam rangka mendukung kondusifitas pelaksanaan tahapan Pilkada Samosir tahun 2020.

"Seluruh pihak diimbau agar menjaga Pilkada yang damai dan bermartabat. Para paslon, juga agar turut serta mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19," imbau M. Saleh sembari menekankan dan memastikan bahwa netralitas Polri akan tetap terjaga dengan baik.

Dalam pakta integritas Pilkada damai yang ditandatangani masing-masing pasangan calon diantaranya, menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila dan UUD 1945, menjaga dan meningkatkan moralitas dan nilai-nilai agama serta jati diri bangsa, memenuhi ketentuan kampanye sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, mencegah terjadinya pelanggaran kampanye dan tidak melakukan praktek politik uang.

Pada penandatanganan ini, hadir juga Dandim 0210/TU yang diwakili oleh Kasdim 0210/TU Ojak Simarmata, Pimpinan DPRD, Kejari Samosir, Pengadilan Negeri Balige, Sekretaris Daerah, Jabiat Sagala, Ketua KPU Samosir, Ika Rolina Samosir, Ketua Bawaslu, Anggiat Sinaga, pasangan calon (Paslon) nomor urut 1 Marhuale Simbolon-Guntur Sinaga (Marguna), nomor urut 2 Vandiko Timoteus Gultom-Martua Sitanggang (Vantas), dan nomor urut 3 Rapidin Simbolon-Juang Sinaga (Rap-Berjuang), tim pemenangan masing-masing paslon, tokoh agama, tokoh masyarakat dan insan pers.