LANGKAT - Pemerintah Kabupaten Langkat terus berkomitmen meningkatkan kesejahteraan petani melalui peningkatan produktifitas pangan, perkebunan maupun peternakan, agar Langkat terus menjadi lumbung pangan di Sumatera Utara. Hal ini disampaikan Wabup Langkat H.Syah Afandin, saat menyerahkan kartu tani secara simbolis di ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Selasa (20/10/2020).

Untuk itu, Wabup meminta kepada Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Langkat, agar terus meningkatkan koordinasi dan kemampuan sesuai dengan kewenangan, sehingga petani di Langkat tetap mendapatkan perhatian yang serius dari pemerintah.

"Kartu ATM tani yang diberikan ini salah satu bentuk perhatian dan pelayanan pemerintah kepada petani. Kartu ini telah terintegrasi dengan luas lahan, sehingga ini memberikan manfaat secara umum, yakni kebutuhan pupuk tani dapat dipantau secara nyata, sehingga tidak kekurangan," jelasnya.

Selain iu, sebut Wabup, kartu ini digagas untuk meminimalisir terjadinya penyelewengan terhadap penggunaan pupuk bersubsidi kepada yang tidak berhak. "Artinya pemerintah melindungi petani yang memang benar -benar butuh bantuan, untuk meningkatkan produktivitas tanamannya,” sebutnya.

Wabup juga mengucapkan terimakasih kepada pimpinan BNI USU Medan dan berharap semoga terus berkomitmen membantu petani lewat kemudahan layanan perbankkan di daerah.

Sementara itu, Kepala Cabang BNI Stabat, Handoko Afif melaporkan, program ini atas kerjasama Bank BNI dengan BPJS Ketenagakerjaan, untuk melindungi petani bila dalam bekerja.

“Karena telah menjadi peserta asuransi, termasuk jika petani tersebut meninggal dunia, maka akan juga mendapatkan santunan ahli waris,” sebutnya.

Pada kegiatan ini, turut dilaksanakan penyerahan santunan kepada 3 ahli waris tenaga honorer di lingkungan Pemkab Langkat yang meninggal dunia.

Hadir jufa Kadis Pertanian Nasirudin, Kabid Hubungan Industrial Disnaker Hendy Rinaldy, Kabid Perdagangan Disprindak Erwin Ikuten Ginting, Kabid Pengawasan Disperindak Beni Gunting, Deputi Direktur BPJS Ketenaga Kerjaan Wilayah Sumbagut Panji Wibisana, Kakan cabang BPJS Ketenagakerjaan Binjai TM Haris Sabri Sinar dan Pimpinan cabang induk USU Medan Zulkifli Ikwan Harahap dan tamu undangan lainnya.*