SERGAI - Tanggal 22 Oktober menjadi hari santri nasional yang diperingati setiap tahun di Indonesia. Tahun ini adalah tahun kelima perayaan hari santri nasional.

Meskipun dalam masa pandemi, hari santri tetap memiliki pesan tersendiri di tiap tahunnya. Seperti pada tahun ini pesan hari santri ialah 'Santri Sehat, Indonesia Kuat'.

Dalam rangka hari santri, calon Wakil Bupati Serdang Bedagai, Adlin Tambunan memiliki pesan khusus bagi para santri se-Kabupaten Sergai. Dalam wawancara singkat, Adlin memiliki tekad agar menjadikan para santri yang ada di Kabupaten Sergai agar bisa menjadi santri-santri milenial yang religius.

“Harapan kami bisa menjadikan santri itu menjadi santri milenial juga religius. Karena image masuk pesantren itu harus diubah bukan lagi yang ketinggalan zaman, tapi menjadi santri milenial yang berpikiran terbuka, wawasan luas serta mengikuti perkembangan zaman,” ujarnya tersenyum.

Ia juga berpendapat, zaman sekarang sudah banyak pesantren-pesantren modren yang menciptakan santri dengan kualitas pemikiran yang terbuka dan wawasan luas.

"Santri milenial zaman sekarang harus memiliki kemampuan agama yang baik. Selain itu, juga memiliki kemampuan digital di sosial media yang baik yang kini sudah menjadi tolak ukurnya," terangnya.

Adlin berkomitmen untuk mengembangkan dan memberdayakan pesantren -pesantren yang sudah ada untuk proses pembangunan Kabupaten Sergai lebih baik lagi.

"Harapannya bagi para santri dan pengurus pesantren yang sudah ada itu, bisa menciptakan santri yang berkualitas dan baik yang tidak kalah dengan santri dari kabupaten lain dan provinsi lain," tandasnya.

Adlin juga berkomiten untuk memperbaiki pondok pesantren yang kurang memadai agar menjadi lebih baik lagi. Bahkan, bagi para santri yang berprestasi nantinya juga bisa diberikan beasiswa agar bisa belajar ke luar negeri ataupun dalam negeri.

“Harapan kami depan, pesantren-pesantren yang ada di Serdang Bedagai bisa menjadi pesantren yang unggul dan menjadi pesantren dambaan di Sumatera Utara,” ujarnya.

Ia juga berpesan dalam rangka hari santri tahun ini, perlu kembali membangkitkan rasa nasionalisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indinesia (NKRI). Jadi di hari santri nasional ini dengan mencintai tanah air adalah bagian dari iman.

“Kami dari Nahdlatul Ulama percaya para santri di Indonesia ini sangat kuat dalam rangka mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Saya sebagai ketua Gerakan Pemuda Ansor meyakini bahwasanya hari santri ini memiliki makna yang sangat luar biasa dalam mempertahankan Indonesia yang lebih kuat,” tandasnya.