Tim Dosen USU Inisiasi Pembuatan Taman Bermain Anak di Desa Kampung Nelayan Seberang

Tim Dosen USU Inisiasi Pembuatan Taman Bermain Anak di Desa Kampung Nelayan Seberang
Minggu, 18 Oktober 2020 19:45 WIB
Penulis: rel
MEDAN - Kampung Nelayan Seberang yang berlokasi di pinggir pantai wilayah Kecamatan Medan Belawan, Medan, telah memanfaatkan garis pantai sebagai tempat tinggal.

Penduduk di kawasan tersebut umumnya hidup sebagai nelayan dan keberadaan pantai telah membatasi ruang gerak sebagian penduduk terutama bagi anak-anak balita.

Keterbatasan ruang terbuka padat yang dapat dijadikan tempat bermain untuk anak menyebabkan sebagian besar anak-anak balita di Kampung Nelayan Seberang lebih sering bermain di air atau memanfaatkan jalan setapak sempit dan dermaga sebagai tempat mereka bermain.

Selain itu, anak-anak di Kampung Nelayan Seberang juga memanfaatkan dataran yang penuh lumpur dan tidak cukup luas untuk bermain. Dataran tersebut pun kerap terendam saat pasang laut naik.

Ads
Atas dasar itu, Ir M Agung Putra Handana, ST, MT, sebagai Koordinator Tim Pengabdian Masyarakat USU di bawah Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPPM – USU) memutuskan untuk membangun taman bermain anak-anak di Kampung Nelayan Seberang. Taman bermain tersebut dibangun dengan kombinasi tanaman sebagai dinding penahan air pasang pada pinggirannya.

Taman bermain Anak ini merupakan salah satu dari tujuh kegiatan Desa Binaan Pelopor Ekowisata Berkelanjutan dan Pencetak Atlit Dayung di Desa Kampung Nelayan Kecamatan Medan Belawan Kota Medan dengan Ir M Agung Putra Handana, ST, MT, selaku koordinator dengan anggota Ir Rahmi Karolina, ST, MT dan Prof Dr Rhita F Dalimunthe, SE, M Si.

Taman bermain tersebut dibangun berupa plat beton untuk memberikan ruang terbuka yang padat. Selain itu juga akan diisi dengan berbagai macam permainan anak-anak dan beberapa kursi taman untuk beristirahat dan bercengkrama.

Dengan dibangunnya taman bermain anak ini diharapkan agar balita di Kampung Nelayan Seberang dapat bermain lebih nyaman, menyenangkan dan aman.

Selain itu, dengan adanya taman bermain ini anak-anak di Kampung Nelayan Seberang tidak harus selalu bermain di pinggir jalan setapak atau dermaga yang berada di luar jangkauan pengawasan sehingga orang tua tidak perlu khawatir berlebihan lagi.

Ucapan terima kasih disampaikan tim kepada pimpinan USU khususnya Rektor USU Prof Dr Runtung, SH, M Hum, Ketua LPPM USU Prof Dr Tulus, Vor Dipl Math, M Si, Ph D dan Sekretaris LPPM USU Prof Dr Dra Irnawati Marsaulina, MS, Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Pelopor Ekowisata Berkelanjutan dan Pencetak Atlit Dayung di Desa Kampung Nelayan Kecamatan Medan Belawan, Prof Dr Prihatin Lumbanraja, SE, M Si, Wakil Ketua Prof Dr Arlina Nurbaity Lubis, SE, MBA, Sekretaris Onrizal, S Hut, M Si, Ph D, Wakil Sekretaris Indra Aulia, STI, M Kom dan Bendahara Dr Rudi Hartono, S Hut, M Si.

Juga kepada beberapa mahasiswa yang turut membantu yaitu Ari Mustafa Kamal, Hafiz Isra Negara, Fitri Salsabila Lubis, Nazmi Wayan Anugerah, Syifa Salsabila, Ully Annisa Lubis dan M. Try Andika Putra.
Editor : wewend
Kategori : Gonews Group, Pendidikan, Sumatera Utara, Medan
www www