- Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Sumatera Utara yang diketuai oleh Dr Ir Nurzainah Ginting, MSc, didampingi Prof Dr Tulus, Vor Dipl Math, M Si, Ph D dan Prof Dr Ir Zuhrina Masythah, M Eng.

Telah melaksanakan pengabdian masyarakat pada periode Juli – September 2020 di Kelompok Biogas Taduken Raga yang diketuai Susanto, di Kecamatan STM Hilir, Kabupaten Deli Serdang.

Menurut Dr Nurzainah Ginting, kegiatan yang dilakukan antara lain memberikan penyuluhan mengenai Teknologi Biogas serta melatih cara membuat penampung gas plastik portable.

Adapun yang menjadi target kegiatan adalah masyarakat menjadi tahu lebih jelas tentang teknologi biogas.

Dengan demikian tidak ada keraguan lagi terutama dalam proses pengisian bahan baku ke unit biogas serta masyarakat tahu dan mampu membuat penampung gas portable.

Sebagai bahan baku unit biogas adalah limbah tandan kosong, kotoran sapi/ayam serta limbah dapur organik masyarakat seperti sisa-sisa sayuran dan buah-buahan.

Melalui kegiatan ini masyarakat dapat menyimpan biogas dalam plastik tebal serta memanfaatkan biogas tersebut untuk memasak makanan di rumah.

Selain kegiatan tersebut, kepada masyarakat juga diberikan bonus tambahan pelajaran berupa membuat sanitizer organik.

Sanitizer ini selain untuk membersihkan tangan, kandang dan pemukiman juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kotoran serta bau pada pakaian petugas kebersihan.

Peserta yang hadir termasuk petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang Sumut, khususnya yang bertugas di TPA Taduken Raga.