Home >  Berita >  Peristiwa

Tidak Patuhi Protokoler Kesehatan Covid-19,Tobasa Fashion Show Festival 2020 Sempat Dibubarkan

Tidak Patuhi Protokoler Kesehatan Covid-19,Tobasa Fashion Show Festival 2020 Sempat Dibubarkan
Sabtu, 17 Oktober 2020 20:15 WIB
Penulis: Marimbun Marpaung
TOBA-Awal dimulainya kegiatan penampilan para peserta lomba Tobasa Fashion Show Festival Tahun 2020, spontan para pengunjung berkerumun mendekat ke arena dan lupa akan protokoler kesehatan yang telah ditetapkan.

Panitia dan pihak keamanan dari Kepolisian Polres Toba bersama TNI dari DANRAMIL 13 Porsea serta Sat Pol PP Kabupaten Toba dengan sigap menghalau dan membubarkan pengunjung untuk menetralisir suasana supaya pengunjung tidak berkerumun menghindari paparan wabah pandemi Covid-19.

Akibat desakan pengunjung yang kurang terkendali Kabag Ops Polres Toba Kompol Efendi Sinaga bersama Kasat Intelkam AKP. Drs.Antoni Rajagukguk sontak menghentikan pelaksanaan kegiatan Tobasa Fashion Show Festival Tahun 2020 karena pengunjung yang notabene pendamping peserta lomba tidak mematuhi protokoler kesehatan pasca Wabah Pandemi Covid-19.

Dengan tegas melalui pengeras suara Kabag Ops Kompol Efendi Sinaga menyampaikan dengan suara keras lantang dan tegas, bila seluruh pengunjung dan pendamping peserta lomba tidak mematuhi prtokoler kesehatan dan melakukan Social Distancing, Kegiatan Tobasa Fashion Show Festival Tahun 2020 ini harus dihentikan dan dibubarkan. "Dengan tegas saya sampaikan tidak bisa dilanjutkan pelaksanaannya," ucap Kabag Ops dan kegiatan pun berhenti sementara serta pengunjung membubarkan diri dari kerumunan.
Ads

Kepada Gosumut.com Kabag Ops Polres Tobasa Kompol Efendi Sinaga melalui Kasat Intelkam menjelaskan, kegiatan berhentikan dengan tiba tiba untuk sementara melihat ketidak patuhan pengunjung dan pendamping peserta lomba akan protokoler kesehatan.

"Dalam pantauan kita di lokasi, begitu acara dimulai karena antusiasmenya untuk menyaksikan lomba, mereka jadi berkerumun mendekati arena lomba.tampak semua pengunjung melupakan sosial distancing bagian dari protokoler kesehatan yang sudah ditetapkan untuk dipatuhi dan dilaksanakan," imbuhnya.

"Kita tidak mau ada klaster baru Covid-19 di Kabupaten Toba akibat pelanggaran akan kepatuhan protokoler kesehatan yang tidak dipatuhi pengunjung dan pendamping peserta lomba pada pelaksanaan kegiatan Tobasa Fashion Show Festival Tahun 2020 ini.makanya kita hentikan dan kita mintakan membubarkan diri," tegas Kasat Intelkam Antoni Rajagukguk.

Menyikapi penghentian kegiatan oleh Kabag Ops Polres Tobasa Camat Porsea Robert Manurung,SH menyatakan sepaham dan mendukung kebijakansanaan yang di buat oleh Kabag Ops Polres Tobasa dengan menghentikan pelaksanaan kegiatan karena ketidak patuhan pengunjung dan pendamping peserta lomba akan protokoler kesehatan Covid-19.

"Kita tidak mau ada klaster baru Covid-19 di Kabupaten Toba akibat kelalaian dan ketidak patuhan pengunjung dan pendamping peserta pada pelaksanaan kegiatan Tobasa Fashion Show Festival Tahun 2020, yang karena oleh para pengunjung dan pendamping peserta lomba tidak mematuhi protokoler kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah nantinya menimbulkan klaster baru Covid-19. Pada hal sebelumnya kita dan Panitia hingga acara mau dilaksanakan hari ini Sabtu, (17/10/2020) sudah menegaskan protokoler kesehatan dan Social Distancing selama di lokasi harus dipatuhi dan dilaksanakan. Seluruh yang hadir tanpa terkecuali harus melakukan cuci tangan dan mengukur suhu tubuh di meja panitia yang sudah disediakan sebelum masuk lokasi acara.semua itu untuk dipatuhi dan dilaksanakan guna memutus mata rantai penyebaran dan penularan wabah pandemi Covid-19," imbuhnya.

Dengan situasi tersebut yang oleh Kabag Ops dan kasat intelkam Polres Toba membubarkan dan menghentikan pelaksanaan kegiatan, para orang tua pendamping peserta lomba dan para pengunjung lain yang hadir bersama panitia pelaksana kegiatan sepakat mematuhi dan melaksanakan protokoler kesehatan serta harus melaksanakan sosial Distancing yang telah ditetapkan pemerintah supaya kegiatan Tobasa Fashion Show Festival Tahun 2020 dapat dilanjutkan oleh Panitia Pelaksana Kegiatan dengan seijin Kabag Ops Polres Toba Kompol Efendi Sinaga.

Sesuai dengan keputusan dan kesepakatan bersama, semua yang hadir untuk mematuhi dan melaksanakan protokoler kesehatan serta menjalankan Sosial Distancing dan tidak berkerumun Kabag Ops Polres Toba Kompol Efendi Sinaga bersama Kasat Intelkam AKP. Drs.Antoni Rajagukguk menyetujui Kegiatan dilanjutkan dengan tetap mematuhi dan melaksanakan protokoler kesehatan.

Sekdis Pariwisata dan Kebudayaan Agus Karokaro kepada Gosumut.com menyatakan, sebelum kegiatan ini dilaksanakan kita sudah mensosialisasikan semua tahapan pelaksanaan kegiatan Tobasa Fashion Show Festival Tahun 2020 pasca Pandemi Covid-19 kepada seluruh peserta lomba dan pendampingnya.

Semua peserta undangan telah menyepakati dan menyetujui untuk mematuhi dan melaksanakan protokoler kesehatan serta menjalankan Soscial Distancing guna memperlancar pelaksanaan kegiatan serta demi mendukung memutus mata rantai penularan dan penyebaran wabah pandemi Covid-19.
www www