JAKARTA - Sasana Rajawali Sakti Jakarta Utara tampil sebagai juara umum sekaligus merebut Piala Ketua Umum PB WI Airlangga Hartarto pada Virtual Wushu Championships Khusus Taolu yang berakhir Sabtu (17/10/2020).

Pada Virtual Wushu Championships 2020 yang ditutup secara resmi Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti, sasana milik Herman Wijaya ini mengoleksi 12 emas, 8 perak, dan 9 perunggu. 

Posisi runner up ditempati Laba Laba Sakti Jakarta dengan mengatongi 7 emas dan 2 perunggu. Sedangkan Yasanis Surabaya dengan 5 emas, 8 perak, dan 5 perunggu menempati peringkat ketiga dan Wushu Garuda Jember berada di peringkat keempat dengan 3 emas, 6 perak dan 10 perunggu. 

"Kami senang dan bangga bisa merebut gelar juara umum pada Virtual Wushu Championships 2020. Ini merupakan yang kedua kalinya Rajawali Sakti Pluit Jakarta meraih Piala Ketua Umum Airlangga Hartarto setelah sebelumnya pada Wushu Festival (Wufest) 2019 yang digelar SIWO PWI Pusat bekerja ama dengan PB WI. Dan, saya mengapresiasi perjuangan anak-anak yang pantyang menyerah untuk bisa menjadi yang terbaik," kata pelatih sekaligus pemilik Sasana Rajawali Sakti Pluit Jakarta, Herman Wijaya saat dimintai komentarnya.  

Bukan hanya meraih gelar juara umum, atlet wushu Rajawali Sakti, Kenneth Christovani Wijaya juga mencetak hattrick. Setelah meraih emas di nomor Chang Quan dan Gun Shu, Kenneth yang mengantongi 9,06 poin meraih emas ketiganya dari nomor Dao Shu Junior B Putra. Medali perak direbut rekannya, Richie Chandra Winata dengan 9,02 poin dan Rayhan Dwi Mikayla (Wushu Garuda Jember) dengan 8,98 poin meraih perunggu.     

Selain Kenneth Christovani Wijaya, atlet wushu Laba Laba Sakti, Patricia Geraldine juga mencetak hattrick. Setelah meraih sukses di nomor Qiang Shu dan Chang Quan, Patricia kembali merebut emas ketiganya dari nomor Jian Shu Junior A Putri dengan 9,29 poin. Medali perak direbut Zahratul Jannah (Yasanis Surabaya) dengan 9,19 poin dan Anastasya Astuti (Pengprov Wushu Jambi) meraih perunggu dengan 8,96 poin.

"Kami puas bisa menempati posisi runnher up. Dan, saya mengapresiasi perjuangan keras Patricia Geraldine yang sukses mencetak hattrick dengan menyumbangkan 3 medali emas bagi Laba Laba Sakti Jakarta," kata pelatih Laba Laba Sakti Jakata, Fready Hartono.  

Patricia Geraldine raih 3 emas. 

Medali emas Dao Shu Junior B Putri direbut Bernice Isabelle Ijang Alianto (Megantara Sakti Wushu Indonesia Semarang) dengan mengantongi 8,91 poin. Sedangkan medali perak dan perunggu masing-masing direbut Embun Kesya Syariah (Wushu Garuda Jember) dengan 8,98 poin dan Ivy Katelin The (Rajawali Sakti) dengan 8,84 poin. 

Di nomor Nan Dao Junior B Putra, Josh Tiesto Tanto (Wushu Rajawali Sakti Pluit Jakarta) meraih emas dengan 9,02 poin. Kemudian, Stanislaus Ditya Widodo (Rahmat Wushu Jakarta) meraih perak dengan 9,00 poin dan Muhmmad Naufal Aryasatya Ardhani (Wushu Garuda Jember) dengan 8,97 poin meraih perunggu. 

Di Nan Dao Junior B Putri, Aqila Ghada Fuaizah (Wushu Lima Benua Malang) meraih emas dengan 9,09 poin. Medali perak dan perunggu masing-masing direbut Allysa Amalia (Wushu Rajawali Sakti Pluit Jakarta) dengan 9,06 poin dan Chelsea Maya Wijaya (Wushu Garuda Jember) dengan 9,01 poin. 

Di nomor Dao Shu Junior A Putra, Valiant Immanuel Anvyno (Megantara Sakti Wushu Indonesia Semarang) dengan 9,23 poin. Medali perak dan perunggu masing-masing direbut Melverin Liang Alianto (Megantara Sakti Wushu Indonesia Semarang) dengan 9,19 poin dan Muhammad Rizqi Kurniawan (Swiu Sinduadi Yogyakarta) dengan 9,15 poin. 

Di nomor Dao Shu Junior A Putri, Basyasyah Ayu Rahmawati (Yasanis Surabaya) meraih emas dengan 9,00 poin. Medali perak direbut Ragusia Tiffany (Pengprov Wushu Jambi) dengan 8,73 poin dan Kadek Santa Melani (Pengcab Wushu Klungkung) dengan 8,68 poin. 

Di Nomor Jian Shu Junior B Putra, Dyanra Kanuraghan Ageng (Pengcab Wushu Kota Bogor) dengan 8,97 poin. Medali perak direbut Steve Kannon Cia (Pengcab Wushu Kota Bogor) dengan 8,95 poin dan perunggu diraih Keane Mclaren Lee (Rajawali Sakti Pluit Jakarta) dengan 8,93 poin. 

Di nomor Jin Shu Junior B Putri, Kylie Suyoto Kwok (Rajawali Sakti Pluit Jakarta) meraih emas dengan 9,08 poin. Medali perak dan perunggu jatuh kepada rekannya, Nana Beatrice Liestio  dengan 9,07 poin dan Raine Elena Lim dengan 8,99 poin. 

Di nomor Jian Shu Junior A Putra, Vincenzo Faustino Himawan (Garuda Emas Semarang) merebut emas dengan 9,21 poin. Medali perak dan perunggu masing-masing direbut Daniel Dirgantara (Rahmat Wushu Jakarta) dengan 9,18 poin dan Zaki Alraiz Kadarisman (Pengcab Wushu Kota Bogor) dengan 9,15 poin. ***