TOBASA-Dewan Pimpinan Pusat Komite Masyarakat Danau Toba (DPP KMDT) dengan Ketua Umum St.Edison Manurung,SH.MM bersama dengan jajaran fungsionaris organisasinya laksanakan peresmian Kantor DPP KMDT Biro Hukum dan Advokasi di Jln.P. Siantar - Balige Km.5 Desa Lumbangaol Kecamatan Balige Kamis, (15/10/2020).

Kegiatan acara juga dirangkai dengan pelaksanaan dialog interaktif bertajuk menjadikan kawasan Danau Toba sebagai tempat wisata sadar Hukum yang dilaksanakan di Resto dan Caffe Wisata Pantai Pasir Putih Pasifik Kecamatan Porsea dengan menghadirkan nara sumber Prof.Dr.Robert Sibarani, M.Si Dewan Pakar DPP KMDT, Irjend Pol (Purn) Daniel Pasaribu Dewan Penasehat DPP KMDT, Prof.Dr.Drs.Sihol Situngkir,MBA selaku Dewan Pakar SDM DPP KMDT.

Acara persemian Kantor DPP KMDT Biro Hukum dan Advokasi usai penyampaian beberapa sambutan dari beberapa pejabat dan Tokoh undangan dirangkai dengan pengguntingan Pita dan pembukaan selubung Plang Kantor DPP KMDT Biro Hukum dan Advokasi Surezeki Hutagaol & Partners SH disertai dengan pelepasan burung Merpati sebagai pertanda resminya beroperasi kantor DPP KMDT Biro Hukum dan Advokasi.

Pada kesempatan tersebut juga digelar pembagian bibit tanaman keras produktif yang nantinya akan ditanami oleh masyarakat diseputaran pinggiran kawasan Danau Toba sebanyak 2000 batang berupa bibit pohon Mangga, Rambutan, Appukat dan pohon Afrika (Cheri) bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Sebelumnya Ketua DPP KMDT Edison Manurung menyerahkan Buku percepatan Pembangunan Kawasan Pariwisata Danau Toba dan SDM Unggul kepada Kajari, Sekda, Kadis Kominfo dan beberapa Tokoh dan undangan lanya yang merupakan terbitan DPP Komite Masyarakat DanaunToba (KMDT).

Kegiatan peresmian Kantor DPP KMDT Biro Hukum dan Advokasi di Jln.P. Siantar - Balige Km.5 Desa Lumbangaol Kecamatan Balige dan dialok interaktif bertajuk menjadikan kawasan Danau Toba sebagai tempat wisata sadar Hukum" di Resto dan Caffe Wisata Pantai Pasir Putih Pasifik Kecamatan Porsea di ikuti dengan pembagian sembako kepada masyarakat umat Nasrani Kristen, Katolik serta, Parmalim (Aliran Kepercayaan) dan Umat Muslim.

Bantuan sembako dalam 1 paket berisi Beras 5 Kg, mi instant merek Supermi 20 Bungkus, Minyak Goreng 1 Kg, dan Gula putih 1 Kg yang diterima masyarakat dari Kapolda Sumut Irjend Pol Drs.Martuani Sormin adalah bantuan kepedulian Kapolda Sumut pasca Bencana Nasional Non Alam serangan Wabah Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) pada dekade ini. yang melanda dunia secara global khususnya di Nusantara RI yang mengakibatkan roda perekonomian masyarakat morat marit dan tidak menentu akibat serangan wabah pandemi dekade ini.

Bantuan sembako pasca Covid-19 dari Kapolda Sumut Irjend Pol Drs. Martuani Sormin disampaikan langsung oleh Kapolres Toba AKBP. Akala Vikta Jaya, SIK sebanyak 30O Paket yang dibagikan di acara peresmian kantor DPP KMDT Biro Hukum dan Advokasi 150 paket sembako dan untuk acara Dialok Interaktif di Caffe dan Resto Pantai Pasir Putih Pasifik Kecamatan Porsea sebanyak 150 paket sembako dengan masyarakat penerima warga masyarakat desa Patane IV Kecamatan Porsea.

Penyerahan sembako bantuan kapoldasu kepada KMDT oleh Kapolres Tobasa AKBP.Akala Vikta Jaya,SIK didampingi Kasat Lantas AKP. Viktor siagian, KASAT BINMAS AKP.Sudatman Sinaga, hadir dari Polda Sumut mengantar bantuan Kapolda Sumut unit Lantas Poldasu di pimpin BRIPKA Sumarno didampingi ASN Podasu Maruli P Sibuea.

Hadir dalam acara peresmian kantor DPP KMDT Biro Hukum dan Advokasi di Jln.P. Siantar - Balige Km.5 Desa Lumban Gaol Kecamatan Balige hadir mewakili Plt. Bupati Kabupaten Toba Sekda Drs.Audhi Murphy Sitorus,SH,M.Si, Kajari Tobasa Dr.Robinson Sitorus,SH,MM,MH didampingi Kasi Intel Kajari Gilbeth Sitindaon,SH, Prof.Dr.Robert Sibarani, M.S Dewan Pakar DPP KMDT Irjend Pol (Purn) Daniel Pasaribu Dewan Penasehar DPP KMDP,Prof.Dr.Drs.Sihol Situngkir,MBA Dewan Pakar SDM DPP KMDT,Kadis Kominfo Drs.Lalo H Simanjuntak,M.SI, Kepala Cabang KCD Dinas Pendidilan SMA/SMK Balige Prov.Sumut Drs.Albert Silalahi,M.Si, Kepala BPJS Kesehatan Kab.Toba Dolok Siagian,Kepala Desa Lumban Gaol Tambunan Torang TambunanK,Praeses Distrik IV Toba Pdt.Donda Simanjuntak,S.Th.

Hadir mewakili Ketua KMDT Kabupaten Toba Efendi P Napitupulu,SE oleh Wilson Napitupulu selaku Ketua Bagian Humas KMDT DPD Kabupaten Toba menyampaikan sambutan Ketua, berharap dengan kehadiran KMDT berikut dengan diresmikannya kantor DPP KMDT Biro Hukum dan Advokasi serta digelarnya dialok interaktif bertajuk "menjadikan kawasan Danau Toba sebagai tempat wisata sadar Hukum" di Resto dan Caffe Wisata Pantai Pasir Putih Pasifik Kecamatan Porsea akan membuat pariwisata di Kabupaten Toba secara khusus sekawasan Danau Toba akan lebih meningkat menuju Pariwisata Go Internasional atau Pariwisata yang mendunia.

Sekda Kabupaten Toba Drs. Audhi Murphy Sitorus,SH, M.Si mewakili Plt Bupati Toba Harianto Butarbutar dalam sambutannya menyampaikan, Tentunya dengan peran serta dan dukungan organisasi KMDT kita harapkan roda pembangunan pariwisata akan lebih cepat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan tahapannya yang telah diprogramkan Pemerintah Pusat.serta KMDT teyap eksis berperan dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia para pelaku wisata se kawasan Danau Toba menuju pariwisata go interansional untuk peningkatan taraf hidup peekonomian masyarakat se kawasan Danau Toba dari sektor pariwisata yang semakin lebih baik.

Ketua DPP KMDT St. Edison Manurung,SH, MM menyampaikan dengan doresmikannya kantor DPP KMDT Biro Hukum dan Advokasi bertujuan untuk membantu masyarakat 7 Kabupaten sekawasan Danau Toba dalam hal berbagai bantuan dan pencerahan akan pemahaman Hukum dan UU pada setiap permaslahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Lanjutnya, dialok interaktif bertajuk menjadikan kawasan Danau Toba sebagai tempat wisata sadar Hukum yang kita gelar di Resto dan Caffe Wisata Pantai Pasir Putih Pasifik Kecamatan Porsea bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran warga masyarakat akan Hukum dan Undang Undang tentang Kepariwisataan demi peningkatan pelayanan publik akan Dunia Pariwisata yang Ramah, ber Etika, ber Adat sebagaimana tatanan Adat dan Budaya kita suku Batak dari 7 Puak di wilayah kawasan Danau Toba.

Ditegaskan Edison, KMDT ttap mendukung upaya dan usaha pemerintah dalam uoaya memajukan Pariwisata secara Nasional secara khsus Pariwisata Kaldera Toba.dimasa Pandemi Covid-19 dekade ini dengan masa New Normal masa Pandemi Covid-19 untuk berwisata di titik lokasi pariwosata Danau Toba hendaknya seluruh lapisan masyarakat baik pelaku wisata harus mematuhi peraturan protokoler kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Hal ini demi menjaga keamanan dan keselamatan kita bersama serta memutus mata rantai penularan dan penyebaran paparan wabah pandemi Covid-19.karena Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah Propinsi dan Kabupaten/Kota pada dekade ini ttap berjuang untuk memutus mata rantai penularan paparan wabah pandemi Covid-19.tentunya hal ini akan berhasil bila kita dukung secara bersama sama dengan kesadaran kita bersama dengan mematuhi protokoler kesehatan pasca wabah Pandemi Covid-19 yang telah ditetapkan," tegasnya.