SAMOSIR-Pada kesempatan konferensi pers yang digelar Pemerintah Kabupaten Samosir bertempat di Aula Kantor Bupati Samosir, Senin (12/10/2020), Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir, dr. Nimpan Karo-karo menjelaskan, sebanyak 15 orang warga Samosir terpapar positif Corona masih bersih klaster keluarga, belum terjadi transmisi.

"Berdasarkan hasil tracing yang dilakukan, orang-orang terkonfirmasi positif masih bersifat klaster keluarga belum terjadi transmisi dalam eskalasi yang lebih luas. Namun, kita juga harus siap untuk kemungkinan peningkatan kasus pada hari-hari yang akan datang,” kata Nimpan.

Pun begitu, Nimpan tetap mengajak seluruh masyarakat Samosir agar jangan panik karena kepanikan dapat menurunkan imunitas tubuh dalam menghadapi infeksi Covid-19.

"Secara teknis, dinas kesehatan Samosir akan menerapkan standar operasional prosedur dalam menangani orang-orang yang terkonfirmasi positif mulai dari isolasi mandiri, di rumah sakit, dan di Balai Latihan Kerja Kabupaten Samosir," ujar Nimpan Karo-karo.

Sementara itu, Pjs Bupati Samosir, Lasro Marbun pada konferensi pers terkait langkah strategis Pemerintah Kabupaten Samosir dalam mengatasi angka kasus Covid-19, menyampaikan Pemerintah Kabupaten Samosir telah mengkaji langkah-langkah strategis untuk mengatasi Covid-19 dalam upaya menjaga keselamatan masyarakat pada bidang kesehatan, pendidikan, sosial, keagamaan, pariwisata, penjagaan pintu-pintu gerbang ke Samosir, pariwisata, dan pelaku perjalanan ke Samosir.

Di samping itu, lanjutnya, peran gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) Covid-19 akan lebih diaktifkan lagi untuk memastikan pencegahan, pengendalian, dan penanganan Covid-19 melalui tracing, tracking, dan treatment terhadap orang-orang yang terkonfirmasi positif.

Pada penjelasan lain, Lasro Marbun menyampaikan, bahwa GTPP Covid-19 telah melakukan tindak lanjut dalam mensiasati meningkatnya angka terkonfirmasi positif Covid-19 di Samosir.

Tindak lanjut itu, sambungnya, yaitu melebih aktifkan GTPP Covid-19 menunggu penyesuaian menjadi satuan tugas (Satgas) Covid-19 Samosir, mengecek logistik kesehatan dan non kesehatan, dan memastikan arus informasi data melalui Dinas Kominfo Samosir.

Konferensi pers berlangsung, turut dihadiri Pjs. Bupati Samosir, Lasro Marbun, Asisten I, Mangihut Sinaga, Kepala Dinas Kesehatan, Nimpan Karo-karo, Kepala Dinas Pendidikan, Rikardo Hutajulu, Kepala Kantor Kesbangpol, Agustianto Sitinjak, serta para jurnalis media cetak dan online di Kabupaten Samosir.

Berikut data perkembangan Covid-19, Senin (12/10/2020) di Kabupaten Samosir, suspek 0, konfirmasi 15 orang, sembuh 1 orang, dan meninggal dunia 2 orang.