SIMALUNGUN-Akibat hujan deras, tembok saluran irigasi sepanjang 25 meter amblas di Dusun Sukamulia, Nagori Pinang Ratus, Kecamatan Jorlang hataran.

Informasi dihimpun dari pemilik lahan persawahan Misdi Deni mengatakan tembok saluran irigasi tersebut amblas dua hari yang lalu saat hujan deras.

"Saat itu curah hujan sangat deras dari sore hingga malam hari dan menimbulkan luapan air yang sangat besar, besok paginya saya lihat sudah amblas," ujar Misdi kepada media ini dilokasi, Selasa (6/10/2020).

Dikatakannya jika hujan turun debit air akan meluap akibat kiriman dari areal perkebunan PTPN IV Bah Birong Ulu, sehingga saluran irigasi yang ada tidak sanggup menampung luapan debit air.

"Saya berharap kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun melalui dinas terkait agar tembok saluran irigasi yang amblas segera diperbaiki, apalagi saat ini musim penghujan jika tidak segera diperbaiki kita kwahatir tembok irigasi ini akan amblas semakin melebar," ujarnya.

"Saya khawatir jika tidak segera diperbaiki, sebanyak 8 rante lahan padi saya dan puluhan hektar lahan padi milik warga lainnya akan dihantam luapan air, padahal 1 bulan kedepan sudah akan dipanen, kita minta kepada dinas terkait agar segera memperbaikinya, "pinta Misdi.

Terpisah Kepala UPT Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kecamatan Jorlang hataran M.Saragih ketika dikonfirmasi dikantornya mengatakan sudah meninjau tembok irigasi yang amblas.

"Kemarin sudah kita tinjau dan langsung kita laporkan ke Kabupaten, semoga segera mendapat tanggapan dari dinas, agar segera diperbaiki, kita tunggu saja petunjuk dari Kabupaten," katanya.