MEDAN - Usai melaksanakan sholat Jumat berjamaah di Masjid Al Muhajirin Jalan Violet I, Prumnas Griya Martubung III, Kelurahan Tangkahan, Medan Labuhan, Jumat (2/10/2020), Calon Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution menyempatkan diri meninjau waduk di lokasi Perum Perumnas Martubung Cabang I Sumut.


Tak hanya itu, pasangan nomor urut 1 di kontestasi Pilkada Medan ini juga meninjau jalan masuk menuju Islamic Centre yakni di Jalan Rame VII, Medan Labuhan.

Kepada awak media, Akhyar menerangkan, Jalan Rawe VII ini merupakan akses masuk menuju ke Islamic Centre.

"Proses Islamic Centre itu sudah dimulai kerjanya, tapi masih tahap pendahuluan, infrastrukturnya dulu. Jadi ini dalam rangka persiapan Islamic Centre," ujar Akhyar.

Untuk realisasinya, Akhyar mengatakan, akan dilakukan pelebaran jalan terlebih dahulu di Jalan Rawe dan pembetonan Jalan Pancing. "Di sana ada 26 hektar (lokasi menuju Islamic Centre), penimbunan dulu, karena penimbunan ini membutuhkan jutaan hektar kubik. Jadi akses jalannya harus kualitas satu," terangnya.

Akhyar juga mengakui kawasan itu rawan banjir. Makanya, waduk di Griya Martubung I juga akan disiapkan. "Jadi waduk itu sebagai intervensi pengendalian banjir di sekitar Griya Martubung satu dan juga akan kita jadikan wisata air," terangnya.

"Pertama fungsi foldernya kita revitalisasi kembali, sehingga keluhan masyarakat akan tidak tersalurnya drainase dengan baik, dengan kita lakukan penggalian, semuanya bisa teratasi," jelasnya.

Di sisi lain, Akhyar menuturkan, lokasi waduk ini nantinya bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata baru. Syaratnya, waduk dan wilayah sekitar harus terlebih dahulu ditata, sehingga akan bisa menghasilkan pemasukan baru dari sektor pariwisata.

"Bahkan jika bisa, waduk ini juga harus kita kembangkan sebagai lokasi olahraga air agar perkembangan olahraga air di Kota Medan juga bisa meningkat," tandasnya. (*)