SERGAI-Panen pertama di program ketahanan Pangan Nasional, Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Sergai H Darma Wijaya akhirnya impianya terwujud.

Pasalnya, Setelah dirinya membuka lahan sawit menjadi lahan cetak sawah seluas 30 Ha di Dusun I Desa Paya Mabar, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Rabu, (30/9/2020) sekira pukul 14.00 WIB akhirnya membuahkan hasil panen pertama.

H Darma Wijaya yang merupakan Calon Bupati Sergai dengan nomor urut 1 berpasangan H Adlin Yusri Umar Tambunan dilokasi mengatakan bahwa lahan ini adalah sebelumnya lahan sawit yang kurang produktif, guna mendukung program pemerintah pusat dalam hal ketahanan pangan dimasa Pandemi Covid-19, lahan sawit ini menjadi lahan sawah sehingga menjadi lahan yang bisa menghasilkan padi.

"Pembuatan lahan baru ini merupakan dukungan pemerintah daerah terhadap program pemerintah pusat yang ingin menjadikan Indonesia sebagai Negara Swasembada pangan dan meningkatkan ketahanan pangan Sergai, selain itu juga Sergai merupakan Kabupaten surplus beras di Provinsi Sumatera Utara (Provsu),"ujar Darma Wijaya.

Menurut Darma Wijaya, awalnya pada tanggal 30 Mei 2020, telah dilakukan penaburan benih padi bersama Polres Sergai dan Alhamdulillah hari ini tanggal 30 September 2020 kita melakukan panen yang pertama.

"Untuk tahap ini lahan yang kita panen adalah seluas 16 Ha dengan hasil 6 ton per Ha. "Alhamdulillah harga padi hari ini cukup bagus seharga Rp. 5 ribu rupiah perkilo,"Darma Wijaya. Seperti janji kita, Setelah modal awal dari pencetakan lahan ini didapatkan, maka keuntungan dari panen akan di sumbangkan kepada masyarakat kurang mampu, yang dirasa layak untuk menerima bantuan tersebut.

Darma Wijaya juga mengajak kepada seluruh masyarakat Sergai yang ingin mencetak lahan persawahan baru, tidak perlu takut untuk mencetak sawah baru, masyarakat boleh mencetak sawah seluas-luasnya asal sesuai dengan aturan yang berlaku.