MEDAN- Kementerian Perhubungan Darat melalui Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II Sumut sosialisasi keselamatan jalan dalam adaptasi kebiasaan baru.
Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II Sumut, Putu Sumarjaya kepada wartawan, Rabu (30/9/2020) mengatakan dalam sosialisasi ini pihaknya melakukan kegiatan dengan tema 'Sosialisasi Keselamatan Jalan Melalui Media Cetak, Elektronik dan Online'.

Kegiatan yang akan dilakukan pada sosialisasi itu meliputi Grebeg Keselamatan, Live Talk Show di radio, podcast dan gowes keselamatan. "Ini juga merupakan kegiatan Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2020 di mana sesuai peraturan Menteri Perhubungan No.59 Tahun 2020 tentang keselamatan pesepeda di Jalan Raya. Harapan kita dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan wacana dan sarana serta pengetahuan berlalulintas yang baik dan benar kepada masyarakat di jalan raya yang ada di Sumut khususnya Kota Medan sesuai dengan adaptasi kebiasaan baru," terangnya.

Putu menyatakan kegiatan ini sengaja dilakukan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang keselamatan dan pengendalian transportasi dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. "Karena sekarang masih dalam masa pandemi, makanya dalam kegiatan ini kita melibatkan media Chanel seperti siaran pers, media sosial, WhatsApp share dan iklan layanan masyarakat, serta talk show di salah satu televisi lokal," ungkapnya di sela-sela pengambilan gambar pembuatan video iklan layanan masyarakat.

Begitupun, dalam kegiatan ini pihaknya juga akan melakukan gowes keselamatan di mana masyarakat bisa melihat bagaimana tata cara bersepeda di jalan raya dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dalam adaptasi kebiasaan baru. "Kita berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, masyarakat tetap sehat dan terhindar dari bahaya virus asal Wuhan ini," pungkasnya.