JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin, mengkritik keras pernyataan Perdana Menteri Republik Vanuatu Bob Loughman soal Papua di sidang umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Aziz menilai Vanuatu menghasut dunia dan menyebar hoax. Aziz mengaku heran dengan Vanuatu yang kerap melontarkan masalah Papua sejak tahun 2016 hingga Sidang Umum PBB tahun 2020 saat ini.

Menurut Aziz, jangan sampai isu yang dilontarkan merupakan sebuah pesanan atau tidak berdasar yang akan berdampak pada negara Vanuatu tersebut nantinya.

"Sudah jelas dalam PBB kita sepakat bahwa seluruh anggota PBB menjaga stabilitas keamanan dan menciptakan perdamaian dunia. Vanuatu justru menghasut dunia dan menyebarkan hoaks kepada dunia," kata Aziz kepada wartawan, Senin (28/9/2020).

Azis menegaskan bahwa Papua adalah bagian penting dari NKRI, dan hal ini sudah clear serta dikukuhkan oleh Majelis Umum PBB melalui resolusi 2504 (XXIV).

Seperti telah menjadi pemberitaan, dalan Sidang Umum PBB tersebut, Bob Loughman mengatakan, "di wilayah kami masyarakat asli Papua Barat terus menderita karena mengalami pelanggaran HAM. Saya menyerukan Pemerintah Indonesia untuk merespons seruan pemimpin fasifik,".

Sebagai informasi, Vanuatu adalah negara di Samudra Pasifik yang masyarakatnya juga merupakan etnis Melanesia seperti Papua.***