SIMALUNGUN-Warga Nagori Lumban Gorat, Kecamatan Dolok Panribuan mengeluhkan kondisi jalan penghubung antar desa yang berada di lingkungan PTPN IV Unit Marihat tepat di Afdeling 4 Blok G'97.

M Sinaga warga setempat mengatakan jalan penghubung tersebut sangat vital dilalui warga dalam melakukan berbagai aktifitas, namun dengan kondisi jalan yang saat ini kurang layak dilalui terutama disaat musim penghujan seperti saat ini.

"Kita berharap kepada pihak Management PTPN IV Unit Marihat supaya memperbaiki jalan tersebut agar warga nyaman dilalui, karena memang jalan tersebut sangat vital bagi warga dalam melakukan aktifitas sehari-hati," harap Sinaga.

Pangulu Nagori Lumban Gorat Sariputdin Turnip membenarkan bahwa kondisi jalan yang digunakan oleh warga nagori Lumban Gorat Kecamatan Dolok Panribuan menuju Nagori Totap Majawa/Nagori Marubun Jaya, Kecamatan Tanah Jawa yg melintasi HGU PTPN IV unit kebun marihat kondisinya saat ini cukup memprihatinkan.

"Dikatakannya bahwa dulunya jalan tersebut merupakan jalan penghubung antara desa Lumban Gorat dan Desa Ujung Bondar Kecamatan Dolok Panribuan (status jalan Kabupaten), namun sekitar tahun 1996 badan jalan tersebut mengalami longsor sepanjang 1000 meter, sehingga warga Lumban Gorat mencari jalan alternatif melalui gang tanaman sawit milik PTPN IV unit marihat.

Hingga saat ini jalan tersebut sangat vital utk dilalui oleh warga Lumban Gorat yang hendak melakukan akfitifas maupun bepergian ke Pematang Siantar.

"Saya dan warga juga sudah beberapa melakukan gotoong-royong agar jalan jalan tersebut Nayaman dilalui, namun kembali rusak saat dilintasi mobil muatan sawit milik perkebunan tersebut," ungkap Pangulu.

"Harapan saya sebagai Pangulu agar jalan tersebut kiranya diperbaki oleh pihak perkebunan supaya nyaman dilalui oleh warga, karena memang jalan tersebut sangat vital dilalui oleh warga," pintanya.

Sementara itu pihak Management PTPN IV Unit Marihat belum berhasil dikonfirmasi, nomor seluler Manager E Nasution serta Asisten marga Purba yang dihubungi media ini tidak diangkat walau kondisi aktif.