TOBA-Sebelum pencabutan Nomor urut oleh Pasangan Calon Bupati diawali dengan pengambilan nomor antri untuk pencabutan nomor urut Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Pemilukada Kabupaten Toba 2020 oleh KPUD Kabupaten Toba digelar di gedung Convantion Hall Labersa Toba Hotel Balige Kamis, (24/9/2020).

Untuk pencabutan nomor antri dilakukan oleh para pasangan Calon Wakil Bupati dari kedua pasangan calon.yang pertama melakukan pencabutan nomor antri untuk pencabutan Nomor Urut Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupat disesuaikan dengan paslon yang pertama memdaftar sebagai Bakal Pasangan Valon Bupati/Wakil Bupati di KPUD Kabupaten Toba.

Karena yang pertama mendaftarkan pasanagn Bakal Calon Bupati adalah pasangan Calon Bupati Poltak Sitorus/Tonny Simanjuntak. Untuk pencabutan nomor antri pertama oleh Pasangan Calon Wakil Bupati Tonny Simanjuntak dan berhasil mencabut nomor antri 8 dan Pasangan Calon Wakil Bupati Ir.Hulman Sitorus berhasil mencabut nomor antri 9.

Dengan nomor antri yang diambil kedua pasangan calon wakil Bupati sesuai penjelasan Ketua KPUD Kabupaten Toba Hendri M Parsosi menjelaskan bahwa pasangan calon yang berhasil mengambil Nomor urut besar (9) adalah menjadi nomor antri 2 dan nomor urut kecil (8) adalah menjadi nomor antri 1 pada pencabutan nomor urut pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati pada Pemilukada Kabupaten Toba, 9 Desember 2020.

Pantauan Gosumut dipelaksanaan kegiatan, sesuai keterangan Ketua KPUD Kabupaten Toba Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati (WINMAN) sebagai nomor antri 2 (9). Maka Pasangan Calon Bupati Ir. Darwin Siagian adalah yang ke Dua untuk melakukan pencabutan nomor urut pasangan calon Bupati/Wakil Bupati dan berhasil mencabut Nomor Urut 2.

Sesuai dengan hasil pencabutan Nomor Urut yang digelar oleh KPUD Kabupaten Toba Kamis, (24/9/2020) yang pelaksanaannya bertempat di Convantion Hall Labersa Toba Hotel Balige Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Ir.Darwin Siagian/Ir.Hulman Sitorus,MM (WINMAN) resmi menjadi Paslon Nomor urut 2 pada kontestasi Pemilukada Kabupaten Toba tahun 2020.

Sedangkan Pasangan Poltak Sitorus/Tonny Simanjuntak (POLTON) oleh pasangan Calon Bupati Poltak Sitorus berhasil mencabut Nomor Urut pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati dengan Nomor Ururt 1.

Selanjutnya oleh Ketua KPUD bersama seluruh jajaran Komisioner KPUD Kabupaten Toba menetapkan Nomor Urut masing masing pasangan calon Bupati/Wakil Bupati sesuai dengan yang dicabut oleh ke Dua Pasangan Calon Bupati secara resmi dan sah untuk digunakan menjadi nomor urut peserta pasangan Calon.

Ketua KPUD Hemdri M Pardosi menegaskan, dengan dilaksanakannya rapat pleno terbuka untuk pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba Samosir tahun 2020 maka sesuai dengan hasil yang dicabut oleh masing masing Pasangan calon Bupati resmilah nomor urut tersebut menjadi nomor urut Pasangan Calon mereka sebagai peserta Pemilukada Kabupaten Toba Samosir 09 Desember 2020 dan selanjutnya disahkan dan ditetapkan oleh Komisioner KPUD Kabupaten Toba.

Salinan putusan hasil ketetapan Rapat Pleno Terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba Samosir tahun 2020 dengan Nomor urut 1 Paslon Bupati/Wakil Bupati Poltak Sitorus/Tonny Simanjuntak (POLTON) dan Paslon Nomor Ururt 2 adalah Paslon Bupati/Wakil Bupati Ir.Darwin Siagian/Ir. Hulman Sitorus (WINMAN) diserahkan kepada masing masing Paslon dan perwakilan Partai Pengusung.

Salinan juga diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Toba diterima oleh Sekda Kabupaten Toba Drs Audhi Mrphy Sitorus,SH.M.Si, Kajari Tobasa Dr.Robinson Sitoris,SH,MM,MH, DANDIM 02/10 TU Letkol CZ Agus Widodo, Ketua DPRD Kabupaten Toba Efendy P Napitupulu, Kapolres Tobasa AKNP. Akala Vikta Jaya, SIK dan Ketua PN Balige Kabupaten Toba.

Calon Bupati Ir,Darwin Siagian kepada wartawan menjelaskan, bahwa pencabutan Nomor urut yang digelar hari ini. "Sebelumnya kita pasrah Nomor berapa saja yang berhasil dicabut, itulah nomor urut yang akan kita gunakan pada Pemilukada nanti," ujarnya.

"Sebelum saya melakukan pencabutan nomor urut, yang pertama melakukan pencabutan adalah pasangan calon Poltak Sitorus. Barulah yang kedua saya melakukan pencabutan. Setelah dibuka secara bersama sama oleh kami berdua sebagai pasangan calon Bupati ternyata saya meraih nomor urut 2 untuk pasangan kami dan Poltak meraih nomor ururt 1 untuk pasangannya. Nomor urut 2 yang berhasil saya cabut merupakan sebuah berkah dan petunjuk untuk menguatkan keyakinan saya dengan pasangan saya untuk melanjutkan kepemimpinan 2 periode di Kabupaten Toba. Nomor Urut 2 menandakan Lanjutkan 2 periode," ungkap Darwin kepada wartawan dengan penuh semangat dan keyakinan.

"Pada periode pertama di Pemilukada 2015 saat itu pasangan kami (WINMAN) meraih nomor urut Pasangan Calon Bupati Nomor 1 dan jadilah kami pemenang Bupati dan Wakil Bupati periode jabatan 2015 - 2020 sebagai periode pertama jabatan kami dan untuk Pemilukada tahun 2020 ini kami meraih nomor urut 2 untuk periode jabatan 2 periode," harapnya.