TANJUNGBALAI-Komisioner KPU Kota Tanjung Balai menggelar rapat pleno penetapan pasangan calon (paslon) Walikota dan Wakil Walikota Tanjung Balai yang menjadi peserta Pilkada Serentak tahun 2020, Rabu (23/9/2020).

Rapat pleno itu berlangsung di Aula gedung KPU, Jalan Sudirman, Kelurahan Pahang, Kecamatan Datuk Bandar Timur, Kota Tanjung Balai.

Ketua KPU Tanjung Balai, Luhut parlinggoman Siahaan mengatakan, berdasarkan hasil penelitian terhadap seluruh berkas milik seluruh pasangan calon yang datang mendaftar pada tanggal 4-6 September 2020 lalu dinyatakan telah lengkap dan memenuhi syarat.

"KPU Tanjung Balai hari ini menetapkan tiga pasangan calon yang pada tanggal 4 sampai 6 September lalu sudah melakukan pendaftaran," kata Luhut.

Adapun mereka yang ditetapkan sebagai pasangan calon peserta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tanjung Balai yaitu H.M. Syahrial, SH, MH - Waris Tholib SAg, MM yang diusung oleh Partai Golkar, PDIP, Gerindra, PKS dan Demokrat dengan total 18 kursi di DPRD Kota Tanjung Balai.

Kemudian, paslon Eka Hadi Sucipto, SE - Buya GUSTAMI, S.Sos diusung oleh PPP, PKB, dan Berkarya dengan total 6 kursi di DPRD kota Tanjung Balai. Terakhir, Paslon Drs.H.ismail - Afrizal Zulkarnaen menggunakan jalur independen (perseorangan).

Memenuhi ketentuan keputusan KPU no 394/PL.02.2-kpt/06/KPU/VIII/2020 tentang pedoman teknis pendaftaran, penelitian dan perbaikan dokumen persyaratan. Penetapan, pengundian nomor urut pasangan calon dalam pemilihan walikota dan wakil walikota Tanjung Balai Tahun 2020. Berdasarkan keputusan KPU Kota Tanjung Balai nomor 97/PL.02.2.Kpt/1274/KPU.kot/IX/2020 Tentang penetapan pasangan calon peserta pemilihan walikota dan wakil walikota Tanjung Balai," jelasnya.

Dengan ini KPU Kota Tanjung Balai menetapkan dengan keputusan itu bahwa peserta Pilkada Asahan 2020 resmi diikuti tiga pasangan calon.

Terakhir diberitahukan kepada Luhut bahwa rencananya Kamis (24/9/2020) akan dilakukan pencabutan nomor urut yang turut dihadiri seluruh pasangan calon yang ditetapkan dan partai politik pengusung.

"Besok hari Kamis akan dilakukan pencabutan nomor yang dihadiri ketiga Paslon dan parpol pengusung yang akan dilaksanakan di Aula Grand siggie Hotel, Tanjung Balai," tutupnya.*