SAMOSIR-Guna mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Pera KPP menyerahkan sebanyak 78 unit buku tabungan program fasilitasi rumah swadaya dari Kementerian PUPR RI Tahun 2020, Rabu (23/9/2020).

Bertempat di Aula Hotel Dainang, Pangururan, penyerahan secara simbolis langsung oleh Bupati Samosir, Rapidin Simbolon didampingi Kepala Dinas Pera KPP Samosir, Hut Isasar dan Pelaksana Teknis Kegiatan Kementerian PUPR, Bosman Pangaribuan.

Hut Isasar Simbolon menyampaikan, secara keseluruhan, Pemerintah Kabupaten Samosir akan menyalurkan sebanyak 122 unit bantuan fasilitasi rumah swadaya.

"Namun hari ini, yang diserahkan baru sebanyak 78 unit, karena 44 unit lagi masih dalam proses verifikasi lapangan. Adapun bantuan yang diberikan adalah Rp 35.000.000,00 per unit dengan rincian Rp 30.000.000,00 untuk bahan bangunan, dan Rp 5.000.000,00 upah kerja," papar Hut Isasar.

Sementara itu, Rapidin Simbolon menjelaskan, penyaluran bantuan program fasilitasi rumah swadaya itu dilatarbelakangi penetapan Danau Toba sebagai KSPN super prioritas oleh Presiden Jokowi.

"Dalam upaya mendukung KSPN ini, maka dibutuhkan peningkatan kualitas hunian sesuai dengan estetika pariwisata," ujar Rapidin.

Oleh karena itu, sambungnya, diharapkan kepada seluruh penerima agar mensyukuri dan mempergunakan dana bantuan itu sesuai dengan prosedur.

"Kepada seluruh pihak, kita minta adanya kerjasama yang baik guna mendukung program pemerintah pusat dan daerah dalam mewujudkan KSPN Danau Toba," tutup Rapidin Simbolon.