TOBA-Pandemi Global Cororna Virus Desease 2019 (Covid-19) yang telah ditetapkan Pemerintan Pusat menjadi Bencana Nasional Non Alam pada dekade ini adalah satu momok virus yang sangat menakutkan yang telah banyak merengut korban nyawa dan bahkan membuat roda perekonomian masyarakat morat marit di setiap negaara pada belahan Dunia ini.

Serangan wabah pandemi kembali merengut 1 korban nyawa warga desa Kabupaten Toba Sumatera Utara yang di duga kuat telah terindikasi terpapar Covid-19 dan akhirnya meninggal dunia.korban trpapar Covid-19 ini dikebumikan dengan cara Protokoler Kesehatan.

Korban meninggal Dunia karena terpapar Covid-19 ini adalah di Dusun Pandumaan,Desa Batu Manumppak Kecamatan Nassau Kabupaten Toba Jumat,(18/08/2020) sekira pukul 10.00 Wib.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toba melalui Sekretaris Dinas Kesehatan Siti Nuraya Sirait saat dikonfirmasi wartawan Sabtu, (19/9/2020) membenarkan pasien E br S dari hasil pemeriksaan Swab RT-PCR Covid 19 di RSU Adam Malik Medan dinyatakan Positif yang hasilnya keluar dan diketahui secara pasti pada pada 11 September 2020.

Lanjut Siti, Pihak keluarga yang terkontak langsung dengan korban pasien yang telah meninggal dunia sudah kita edukasi untuk supaya melakukan isolasi mandiri.

"Sebagai tindak lanjut dari kita petugas medice (Dinas Kesehatan Kabupaten Toba) selaku Petugas berwenang yang diberi tugas dan tanggung jawaban akan kesehatan masyarakat sedang melakukan Contact Tracing di Dusun tersebut demi mengetahui sebaran virus serta untuk memutus penyebaran penukaran wabah Covid-19," ujarnya Siti.

Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya SIK melalui Kasubbag Humas Polres Toba Aiptu Khairudin Sukri Yanto kepada wartawan melalui siaran Persnya membenarkaln bawa memang betul ada seorang pasien meninggal dunia terindikasi terpapar Wabah PandemiCovid-19 di Kecamatan Nassau dan dilokasi diawasi oleh personil Polsek Habinsaran dipimpin langsung oleh Kapolseknya Iptu Napitupulu didampingi Kanit Reskrim Iptu H Rajagukguk.

Dijelaskan Khairudin kepada wartawan, kejadian diketahui berawal dari laporan Kepala Desa Batu Manumppak via selular kepada Polsek Habinsaran, yang menyebut bahwa salah seorang warga desanya yang telah menjadi pasien Sakit diduga terpapar Wabah Covid-19 atas nama E br S (39) warga Dusun Pandumaan Desa Batu Manumpak Kecamatan Nassau Kabupaten Toba telah meninggal dunia.

E br S (39) kesehariannya diketahui bekerja sebagai tenaga Guru Honor Daerah di salah satu Sekolah Dasar Negeri di desa Batu Manumppak Kecamatan Nassau Kabupaten Toba.

Lanjut Khairudin menyampaikan siaran Persnya Kapolres Tobasa, untuk penguburan pasien terduga terpapar Wabah Pandemi Covid-19 E br S (39) dilaksanakan dengan protokoler Kesehatan sesuai aturan penguburan pasien terpapar Covid-19 dengan pengamanan Polsek Habinsaran, di pimpin langsung Ketua Bidang Pelaksana Tugas dr. Fransiska Marpaung. Sebelum pemakaman seluruh petugas yang berwenang dalam penaganan pasien corban Wabah Pandemi Covid-19 dilengkapi dengan Protokol Kesehatan.

Pada pelaksanaan oenguburan dilakukan dengan dengan tetap mengikuti dan melaksanalan sesuai ketetapan protokoler kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah. Melihat dan mengetahui hal tersebut sebagai aturan yang harus dilaksanakan kepada pasien terpapar Wabah Pandemi Covid-19 masyarakat tidak ada yang komplin demikian halnya dengan pihak keluarga korban dapat menerimanya.

"Sebelum peti jenazah diberangkatkan ke lokasi pemakaman peti jenazah terlebih dahulu di semprotkan dengam cairan Desinfektan," jelas Kahirudin.

Pada kesempatan itu, Uspika Nassau menghimbau supaya semua pihak keluarga yang ada di dalam rumah bersama pasien (kontak langsung) sebelumnya akan dilakukan karantina (isolasi mandiri) dengan dibantu mengunakan biaya Pemerintahan dari anggaran Dana Desa DD TA-2020 (Dana Desa) Khusus Covid-19. "Hal ini guna antisipasi penyebaran wabah virus Covid-19," terang Khairudin.

Hadir dalam proses pemakaman, Camat Nassau T Sipahutar, mewakili Kapolsek Habinsaran Kanit Reskrim Iptu H.Rajagukguk mewakili Danramil 15 Habinsaran Serda Yayat, Ketua Pelaksana Kegiatan yang juga Kepala Puskesmas Nassau dr Fransiska Marpaung didampingi Staff hadir langsung, Kades Nassau Duri Albert Simangunsong,Tokoh Agama dari Dusun Pandumaan serta keluarga pasien meninggal dunia.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toba melalui Sekretaris Dinas Kesehatan Siti Nuraya Sirait saat dikonfirmasi metro24jam.com membenarkan pasien E br S dari hasil pemeriksaan Swab RT-PCR Covid 19 di RSU Adam Malik Medan dinyatakan Positif yang hasilnya keluar pada 11 September 2020," Ujar Siti Nuraya Sirait,Sabtu,(19/9/2020) sekira pukul 13.30 Wib.

"Pihak keluarga dan terkontak langsung sudah kita edukasi untuk isolasi mandiri. Petugas sedang melakukan Contact Tracing di Dusun tersebut demi mengetahui sebaran virus," ujarnya Siti.