JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI bidang Koordinator Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel, meminta pemerintah dan berbagai pihak terkait berkomitmen menjadikan transportasi massal berbasis rel.

Efisien dan ramah lingkungannya transportasi massal berbasis rel, menurut Rahmat, menjadi alasan tepat agar modelimi menjadi primadona infrastruktur pengangkutan penumpang, kargo, dan barang yang strategis.

Dakam sebuah keterangan tertulis, Minggu (20/9/2020), Rahmat menyatakan, komitmen pemerintah ini mendesak guna mencapai efisiensi biaya logistik yang kompetitif, dan penghematan anggaran negara untuk biaya pemeliharaan maupun perawatan infrastruktur transportasi.

Dalam prosesnya nanti, Rahmat berharap ada dukungan yang efektif pada PT KAI selaku BUMN. Kata Rahmat, "PT KAI (Persero) tidak bisa dibiarkan sendirian membangun dan melakukan pemeliharaan infrastruktur yang sudah relatif tua,".

"Butuh investasi baru untuk angkutan massal berbasis rel yang modern. Pemerintah harus menjadikannya sebagai prioritas dan mengambil momentum di era pandemi ini untuk perbaikan menyeluruh PT KAI," kata Rachmat.