TOBA-Guna mendukung pengimplementasian pelaksanaan secara akurat Inpres No. 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Corona Virus Desease 2019 ditindak lanjuti dengan Perbub Kabupaten Toba Nomor 43 Tahun 2020 oleh IDI, Puskesmas Tandang Buhit bekerja sama dengan Pemerintahan Kecamatan Balige gelar bagi bagi masker 2000 picis gelar bagi bagi masker dan sosialsiasi.

IDI Kabupaten Toba, Puskesmas Tandang Buhit dan Pemerintah Kecamatan Balige bagikan masker kepada masyarakat sebanyak 2000 picis dirangkai dengan pelaksanaan Sosialisasi Inpres No.6 tahun 2020 dan Perbub Kabupaten Toba Nomor 43 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan Hukum Protokoler Kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Corona Virus Desease 2019 supaya di taati dan dipatuhi serta wajib dilaksanakan setiap individu di berbagai kalanagan lapisan masyarakat demi menjaga keselamatan dan kesehatan bersama.

Pantauan Gosumut.com di Balige Kabupaten Toba hingga Jumat, 18/09/2020 sebahagian besar warga masyarakat sudah mulai sadar dan mentaati pelaksanaan Perotokoler kesehatan yang ditetapkan Pemerintah dengan memakai masker guna mencegah paparan dan penularan wabah pandemi Covid-19 serat harapan memutus mata rantai penyebaran dan penularan wabah pandemi Covod-19.

Pembagian masker dan sosialisasi lanjutan protokoler kesehatan dan ketetapan sanksi Hukum kepada pelanggar aturan yang telah dietapkan sebagai sanksi Hukuman kepada setiap orang yang melanggar dan tidak menjalankannya oleh IDI Kabupaten Toba, Puskesmas Tandang Buhit dan Pemerintah Kecamatan Balige disambut positif oleh warga masyarakat kota Balige juga berbagai warga masyarakat yang datang dari pelosok desa untuk berbelanja karena kebetulan hari ini (setiap Jumat) adalah hari Pekan (onan) yang dilaksnakan hanya 1 kali dalam seminggu.

Seperti diungkapkan salah seorang pedagang ini Tianur br Siahaan (48) kepada Gosumut.com mengatakan, pedagang sayur mayur mengatakan, saya selaku pedagang sayuran kesetiap Pekan (onan) di Kabupaten Toba dan Kabupaten Tetatangga berikut dengan teman lainnya turut serta menghimbau para pembeli supaya tetap memakai masker disaat keluar rumah khusisnya disaat berbelanja ke pekan (onan).

Lanjutnya, seperti kita saksikan pada hari ini sudah rata rata memakai masker dan sudah menyadari betapa perlunya masker untuk menjaga keselamatan dan kesehatan bersama pasca serangan wabah pandemi Covid-19 dekade ini.

Sebelumnya Ketua IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Kabupaten Toba dr. Freddy S Sibarani didampingi Kepala Puskesmas Tandang Buhit Kecamatan Balige mengungkapkan,; Kami membagi bagikan masker kepada masyarakat yang tidak memakai masker serta mensosialisasik aturan dan sanksi Hukum kepada pelanggar aturan pasca Wabah Pandemi Covid-19.

"Hal ini sebagaimana yang telah diamanahkan Inpres Nomor 6 tahun 2020 dan Perbub Kabupaten Toba Nomor 43 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan Hukum Protokoler Kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Corona Virus Desease 2019," ungkap dr.Freddy S Sibarani.

Camat Balige Pantun Josua Pardede menyampaikan, Kegiatan hari ini adalah uapaya kepedulian dan dukungan IDI Kabupaten Toba yang didukung oleh Pemerintah Kecamatan Balige atas upaya Pemerintah untuk menyelamatkan masyarakat dari paparan wabah pandemi Covid-19.

"Kami melakukan kegiatan hari ini dengan membagi bagikan masker berikut mensosialisasikan Inpres dan Perbub Kabuoaten Toba Nomor 43 tahun 2020 tentang penanggulangan Covid 19.mudah mudahan secepatnya Covid-19 ini berakhir dan kita semua bisa beraktifitas seperti sediakala," ungkap Pantun Camat Balige.