TANJUNGBALAI-Dalam rangka pelaksanaan Instruksi Presiden No 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19, KPU Tanjungbalai mengikuti rapat koordinasi terkait penegakan hukum dalam pengendalian dan pencegahan corona virus Disiase 2019 (covid-19) dalam rangka suksesi Pilkada serentak 2020 aman dari Covid-19 di aula lantai II Pemko Tanjung Balai, Jalan Sudirman Km 5, Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar, Kamis (17/9/2020).

Rapat peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19 dihadiri Walikota dan wakil walikota, Wakapolres, perwakilan dari TNI, perwakilan dari kejaksaan, dan KPU Tanjungbalai serta Bawaslu.

Ketua KPU Tanjung Balai, Luhut parlinggoman Siahaan menjelaskan PKPU no 6 tahun 2020 tentang pelaksanaan calon gubernur dan wakil gubernur, calon bupati dan wakil bupati atau walikota dan wakil walikota serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam Corona virus Disiase 2019 (Covid-19).

PKPU no 6 tahun 2020 juga menjelaskan beberapa tahapan yang pertama kampanye pada pemilihan walikota dan wakil walikota.

"Pelaksanaan kampanye yang akan di laksanakan pada tnaggal 26 September sampai dengan 5 Desember tahun 2020 dan KPU RI juga sudah membatasi jumlah orang yang ikut kampanye maksimalnya 100 orang dan yang ke-dua debat publik untuk seluruh pasangan calon hanya boleh menghadirkan 50 orang untuk seluruh pasangan calon," Ucap Luhut.

Ketua KPU Luhut parlinggoman Siahaan memaparkan Lebih specifik, kita ini dengan Bawaslu, kita terkait dengan pengawasan Bawaslu di tingkat bawah. Di tingkat bawah ini mereka melakukan pemutakhiran data pemilih dan Bawaslu harus melakukan pengawasan.

"Nah, instrumen pengawasan itu kami ini tidak tahu. Apa teman-teman pengawasan di tingkat bawah ini yang mereka lakukan," ucap Luhut.

Kembali di jelaskan, serta secara administrasi KPU Tanjung Balai tidak ada kendala, maka sejauh mungkin KPU Tanjung Balai melakukan komunikasi-komunikasi dengan Bawaslu, Kepolisian, dan TNI untuk membangun sinergitas.*