TANJUNGBALAI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjung Balai menggelar bimbingan Teknis (Bimtek) atau pelatihan kepada PPK dan PPS se-Kota Tanjung Balai dalam penyelenggaraan walikota dan wakil walikota Tanjung Balai tahun 2020 di resto raja bahagia, jalan Jamin Ginting, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai Jumat (18/9/2020).

Ketua KPU kota Tanjungbalai Luhut Parlinggoman Siahaan SH mengatakan bahwa kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dengan mengikuti prosedur protokol kesehatan.

"Sekretariat PPK dan PPS mempunyai tugas menyiapkan segala urusan tata usaha, pembiayaan, administrasi PPK dan PPS dan pertanggung jawaban keuangan. Kemudian, menyimpan bukti kas pembiayaan pemilihan untuk kegiatan PPK dan PPS serta menyiapkan perlengkapan pemilihan beserta kelengkapan administrasi," kata ketua KPU.

Luhut juga menyampaikan kepada para sekretariat PPK dan PPS agar harus mengutamakan kejujuran dan cermat dalam melaksanakan tugas sebagian dari KPU.

"Saya tekankan kepada seluruh PPK dan PPS agar megutamakam kejujuran serta cermat dalam melaksanakan tugas sebagian dari KPU," tegasnya.

Terakhir, Luhut mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka mematangkan persiapan penyelenggaraan pesta demokrasi pemilihan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati atau bakal calaon walikota dan wakil walikota yang dijadwalkan akan berlangsung pada 9 Desember 2020 mendatang. Selain itu agenda bimtek merupakan lanjutan dari rangkaian dan tahapan penting pelaksanaan pilkada yang kemarin sempat tertunda.

"Dengan berjalan kembalinya semua tahapan, KPU Tanjung Balai bekali seluruh PPS dan PPK tentang verifikasi faktual dengan bimtek ini agar tahapan verifikasi berjalan sesuai dengan regulasi, jujur, adil, serta cermat dalam segala hal yang bersangkutan dengan pemungutan suara. Karena dalam pelaksanaan tugas ini di awasi oleh Bawaslu," pungkas Luhut.*