JAKARTA - Perusahaan pembiayaan konsumen, PT Wahana Ottomitra Multiarta Tbk (WOM Finance) menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk menyelenggarakan webinar Program Literasi Keuangan bagi 300 pengusaha mikro dan penerima manfaat program ekonomi BAZNAS.


Otoritas BAZNAS mengungkapkan, webinar tersebut ditajuki 'Bijak Mengelola Uang dan Cerdas Berinvestasi Menuju Kebebasan Finansial' dan akan dilaksanakan enam kali dimulai pada 17 September hingga akhir Oktober 2020 di 6 (enam) kota.

BACA JUGA: Rp22 T Ditargetkan Terealisasi September, Kemenkop UKM Minta Tambahan Rp14 Triliun Lagi

BACA JUGA: Dukungan Perizinan jadi Komitmen BAZNAS Dorong Kemajuan UMKM

"Kegiatan pertama diselenggarakan bagi para pengusaha mikro binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS yang berdomisili di Jakarta. Secara bertahap, webinar akan diikuti oleh para penerima manfaat dari Bandung, Magelang, Lampung, Palu, Bukittinggi, Bedono, dan Boyolali," kutipan keterangan resmi BAZNAS, Kamis (17/9/2020).

Terkait agenda tersebut, Direktur WOM Finance, Zacharia Susantadiredja menyatakan, literasi keuangan adalah kegiatan rutin perusahaannya setiap tahun. "Bukan hanya pelaku UMKM, kami pun telah mengedukasi Ibu Rumah Tangga serta Mahasiswa,".

"Dengan dilakukan edukasi literasi keuangan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat akan lembaga jasa keuangan khususnya produk perusahaan pembiayaan," kata Zacharia.

Sejalan dengan semangat positif WOM Finance, Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS RI, Irfan Syauqi Beik menyatakan, apresiasi BAZNAS atas terjalinnya kerjasama dengan WOM Finance. Menurut Irfan, webinar ini akan memberikan pemahaman terhadap manfaat dan resiko produk dan layanan jasa keuangan yang dapat dimanfaatkan guna meningkatkan produktivitas dan berbagai hal yang menunjang peningkatan sisi ekonomi mustahik binaan BAZNAS.



"Terima kasih kepada WOM Finance melibatkan BAZNAS dalam upaya membantu mustahik binaan Lembaga Program untuk menambah kapasitas mereka dalam menjalankan usaha terkait dengan pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangan demi tercapainya kesejahteraan. Pasalnya pengelolaan keuangan mempunyai peran yang sangat signifikan dalam menentukan tingkat kesuksesan UMKM," ujar Irfan.

Irfan menambahkan, target penerima manfaat dalam program literasi keuangan ini adalah para pelaku UMKM di bawah koordinasi Divisi Pendayagunaan BAZNAS yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. 

Antara lain, mustahik pengusaha lembaga program LPEM, mustahik ZMart lembaga program LPEM, mustahik Balai Ternak Lembaga program LPPM, mustahik BAZNAS Microfinance Desa lembaga program BMFi, dan mustahik program Zakat Community Development (ZCD).***