KENDARI - Ratusan massa dari salah satu LSM lokal melakukan aksi anarkistis di Jalan MT Haryono hingga Pasar Baru Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (17/9/2020) siang. Selain mensweeping warga mereka merusak sejumlah lampu merah dan memecahkan kaca kaca.

Bahkan segerombolan massa yang membawa senjata tajam tersebut juga memasuki pusat perbelanjaan Lippo Plaza di Perempatan Pasar Baru Kendari sehingga membuat kocar kacir pegunjung mal terbesar tersebut.

Aksi mereka terekam di video amatir warga sehingga viral di media sosial. Tak diketahui apa sebabnya massa yang sebagian membawa senjata tajam ini melakukan aksi blokade jalan dan sweeping terhadap pengguna jalan yang melintas di kawasan MT Haryono hingga Pasar Baru Kendari.

Kabid Humas Polda Sultra Kombes Pol Ferry Walintukan membenarkan adanya aksi pengrusakan oleh sejumlah massa tersebut.

"Ya memang ada aksi pengrusakan oleh sejumlah massa di sepanjang Jalan MT Haryono namun bukan kerusuhan ya. Cuma mecahin kaca-kaca dan lampu lampu dan memang ada sejumlah orang yang nakutin warga yang melintas," kata Kombes Pol Ferry Walintukan seperti dilansir GoNews.Co dari SINDOnews, Kamis (17/9/2020).

Kabid Humas menyatakan, keributan diduga dilakukan oleh sejumlah warga dari salah satu LSM lokal. "Sebelumnya massa tersebut memang melakukan demo terkait adanya salah satu postingan tokoh masyarakat yang dianggap menghina di media sosial. Namun itu kasus itu sudah selesai, dan walaupun demo yang dilakukan mereka tak berizin namun tetap dikawal sejumlah aparat kepolisian. Tapi usai demo dan tanpa pengawalan ternyata mereka melakukan pengrusakan," timpal Kabid Humas.

Menurut dia, situasi Kota Kendari saat ini sudah kondusif. Namun aparat keamanan masih berjaga jaga di lokasi.***