NEW DELHI - Sedikitnya satu juta orang terinfeksi virus corona di India dalam sebelas hari terakhir. Hingga Rabu (16/9/2020), total kasus Covid-19 di India sudah mencapai 5,02 juta orang.

Demikian menurut data Kementerian Kesehatan setempat. Satu juta kasus terbaru dalam tempo 11 hari ini menjadi rekor dunia.

Dikutip dari Inews.id yang melansir AFP, dengan memiliki total 5,02 juta kasus infeksi Covid-19, India menempati posisi kedua terparah secara global. Di atas India, hanya ada Amerika Serikat yang sampai hari ini sudah mengonfirmasi 6,59 juta kasus terinfeksi virus corona.

India sudah berkali-kali membuat rekor lonjakan harian kasus Covid-19 terbesar di dunia. Pada Rabu ini, negeri anak benua itu mencatat tambahan di atas 90.000 kasus, dengan rekor 1.290 kematian pasien Covid-19 dalam 24 jam.

Pada mulanya, dibutuhkan waktu 167 hari bagi India untuk mencapai jumlah 1 kasus pertamanya pada 17 Juli lalu. Berikutnya, 1 juta kasus lagi bertambah hanya dalam tempo 21 hari. Setelah itu, dalam waktu 29 hari, India menyalip Brasil sebagai negara dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak ketiga di dunia dengan jumlah 4 juta kasus infeksi.

Sementara India membutuhkan 167 hari untuk mencapai satu juta kasus, satu juta berikutnya datang hanya dalam 21 hari, lebih cepat dari AS dan Brasil, menurut Times of India. India melewati Brasil pada awal bulan ini.

India sekarang meningkatkan pengujian Covid-19 menjadi sekitar 1 juta orang setiap hari. Akan tetapi, banyak ahli mengatakan, langkah ini saja tidak cukup. Jumlah infeksi sebenarnya di negeri itu mungkin jauh lebih tinggi daripada data resmi pemerintah.***