TOBA-Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya,SIK Kamis, (9/9/2020) pimpin langsung penyemprotan cairan Disinfektan bersama Manajemen Perusahaan PT.TPL,Tbk serta bagi bagikan masker kepada masyarakat.

Tujuan digelarnya penyemprotan dan bagi bagi masker oleh Kapolres Tobasa supaya masyarakat sadar dan tetap mematuhi Protokol Kesehatan serta tetaplah memakai masker.

Kegiatan adalah juga sebagai perwujudan Implementasi Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tanggal 4 Agustus 2020. Juga agar masyarakat dapat tersosialisasi dengan Perbup No. 43 yaitu Peraturan Bupati terkait pendisiplinan dan sanksi apabila tidak mematuhi Protokol Kesehatan.

Guna meminimalisir penularan dan penyebaran wabah pandwmi Covid-19 di Kabupaten Toba serta untuk mendukung implementasi penerapan di masyarakat Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tanggal 4 Agustus 2020.dan Perbup No. 43 Tahun 2020 terkait Pendisiplinan dan Sanksi apabila tidak mematuhi Protokol Kesehatan.

PT.TPL, Tbk bersama Kepolisian Resort Kabupaten Toba laksanakan penyemprotan cairan disinfektan di seputaran Kota Balige bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Toba.

Pada kesempatan tesebut Kapolres Toba, AKBP Akala Fikta Jaya kepada masyarakat kota Balige menyampaikan supaya seluruh lapisan masyarakat mematuhi protokol kesehatan. “Covid-19" yang ditetapkan pemerintah disaat serangan wabah pandemi Covid-19 dekade ini.

Penerapan dan penegakan disiplin penggunaan Masker pasca serangan wabah pandemi Covid-19 saat ini berdasarkan Peraturan Bupati No. 43 tahun 2020 tentang penerapan disiplin, penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19. “Jadi untuk iti dihimbau kepada masyarakat supaya sama-sama kita mematuhinya,” tegas Kapolres Toba.

Humas PT TPL,Tbk Bahara Sibuea kepada wartawan menyampaikan penyemprotan cairan Desinfektan di kota Balige Kabupaten Toba adalah kerjasama dengan Pemerintah dan Polres Tobasa.

Penyemprotan cairan yang digelar oleh perusahaan bersama dengan Polres Tobasa dan Pemkab Toba di sepanjang kota Balige yang disambut positif oleh lapisan masyarakat dengan menyambut secara antusias.

“Kita melakukan penyemprotan mengikuti arahan dari pihak Kepolisian dan Pemerintah daerah Kabupaten Toba melalui BPBD. Harapan dan himbauan PT TPL kepada seluruh lapisan masyarakat supaya masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang telahnditetapkan pemerintah oasca serangan wabah pandemi Covid-19 dekade ini. Sebagaimana Pemerintah telah menganjurkan suoaya seluruh masyarakat yang berktifitas keluar rumah harus dengan memakai masker dan menjaga jarak serta rajinla bercuci tangan,sebagaimana kita ketahui saat ini jumlah yang diduga terpapar wabah pandemi Covid-19 sesuai data Gugus Tugas Covid-19 Nasional grafik masyarakat yang terpapar Covid-19 setiap harinya tetap bertambah," imbuhnya.

Pelaksanaan kegiatan penyemprotan Cairan Desinfektan ini juga turut didukung dan didampingi Kapolres Tobasa AKBP. Akala Fikta Jaya, SIK dan Jajarannya, Danramil Balige Kapten ARH P.Pardede dan jajarannya serta didampingi oleh BPBD Toba dan jajarannya, Satuan Pol PP dikomando Josib Brostito didampingi Kabid Pol PP Harianto Butarbutar,SE.

Kepala BPBD Kabupaten Toba dr,Pontas Batubara kepada wartawan menyampaikan, pihaknya hanya membantu dan mendukung kegiatan penyemprotan Disfektan yang dilakukan oleh PT TPL,Tbk bersama dengan Polres Tobasa di seputaran Kota Balige.

Untuk diketahui penyiraman disinfektan, dimulai dari Bundaran Balige menuju Jalan Sisingamangaraja XII, Pajak Balige dan seputaran Kota Balige. Hadir dalam kegiatan itu Kajari Toba, Danramil Balige dan perwakilan tokoh masyarakat Balige.

Mewakili Tokoh Masyarakat Toba, H Subairi mengungkapkan dalam hal imbauan ini pihaknya turut dilibatkan. “Sekaligus mewakili Pujakesuma Toba dan Serikat Tukang Gigi Indonesia (STGI) kami ikut berpartisipasi membagikan masker kepada masyarakat yang tidak memakai masker guna pencegahan penyebaran Covid-19 di Indonesia khususnya di Toba,” kata Subairi.