MEDAN - Tim Pengabdian Masyarakat Dosen Universitas Sumatera Utara yang diketuai oleh Dr Ir Nurzainah Ginting, M Sc, Prof Dr Zuhrina Masythah, ST, MSc, Prof Dr Hasnudi, MS dan Uswatun Hasanah, SPt, M Si.

Telah melaksanakan pengabdian masyarakat pada periode Juli-Agustus 2020 di Kelompok Peternak Susu Kesuma Maju yang diketuai Abdul Majid, di Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang.

Menurut Dr Nurzainah Ginting, kegiatan yang dilakukan antara lain memberikan penyuluhan diversifikasi olahan susu dan mengajarkan membuat es krim yang diperkaya.

Dengan senyawa hisperidin yang berasal dari jambu biji merah, jeruk nagami dan daun kelor serta membuat dadih dari susu ternak.

Adapun yang menjadi target kegiatan adalah agar masyarakat tahu manfaat senyawa hispiridin yang mampu meningkatkan peluang masyarakat untuk lebih tahan dan kuat terhadap corona.

Senyawa hispiridin diperoleh dari jambu biji merah, jeruk nagami dan kelor yang dikombinasikan dengan es krim. Selain itu juga masyarakat juga mengetahui manfaat dan membuat dadih yang dapat meningkatkan antibodi tubuh.

Usaha peternakan yang menghasilkan susu, berkembang karena dihasilkannya diversifikasi produk yang dibutuhkan masyarakat.

Selain kegiatan yang telah disebutkan kepada masyarakat diberikan bonus tambahan pelajaran berupa membuat sanitizer organik.

Sanitizer ini selain bisa dimanfaatkan untuk membersihkan tangan, kandang dan pemukiman, juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati kudis pada sapi dan scabies pada kambing/domba.

Sanitizer ini akan diajarkan juga untuk seluruh peternak di Kabupaten Deli Serdang.

Kegiatan ini juga menjadi bagian dari upaya mengantisipasi penularan corona di tengah masyarakat dengan cara memperkuat daya tahan tubuh semasa pandemi.

Selain aturan pemakaian masker, pelaksanaan sosial distancing, rajin mencuci tangan, memakai desinfektan dan mengasup makanan yang dapat memperkuat daya tahan tubuh.