TAPSEL-Kepolisian Resort Tapsel menggelar Apel Pembagian Masker serentak dibeberapa titik terutama pada area yang melibatkan banyak orang seperti pasar dan jalan raya.

Kegiatan ini digelar dilapangan Apel Polres Tapsel, Kamis (10/9/2020). Selain dihadiri Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Syahrul M. Pasaribu, S.H juga dihadiri Kajari Tapsel Ardian S.H, Waka Polres Tapsel Kompol Hamonangan Hasibuan, Dandim 0212 TS Yang diwakili Kapten Infantri Mardyanto, Danyon 123 Rajawali yang diwakili Kapten Infantri A.D. Surbakti, Kabag Ops Polres Tapsel Kompol Sahnur Siregar, Kabag Sumda Polres Tapsel Kompol Bumbunan Lumba Raja, Kabagren Polres Tapsel Kompol Gamal Lusiawan, Para Kasat, PA Polres Tapsel, Para satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Tapanuli Selatan, Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Organisasi Laskar Merah Putih Indonesia (LMPI).

Apel pembagian masker serentak ini dipimpin oleh Bupati Tapsel H. Syahrul M Pasaribu SH Sebelum melakukan pembagian masker dibeberapa titik, Syahrul memasangkan masker secara simbolis kepada Personil Polres dan Polsek sejajaran.

Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu SH menyampaikan Apresiasi yang tinggi kepada Polres Tapsel yang telah menginisiasi gerakan pembagian masker Kepada masyarakat.

Syahrul mengatakan, sebanyak 4000 masker tersebut nantinya akan diserahkan ke Polsek-Polsek yang kemudian disalurkan kepada masyarakat dalam rangka penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB).

"Pembagian masker tersebut merupakan upaya meminimalisir penyebaran Covid-19. Dampak Covid-19 sudah sangat luar biasa, namun bukan tidak mungkin kita bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 apabila kita mau mematuhi protokol kesehatan," ujar Syahrul.

Pada hakikatnya, kampanye penggunaan dan pembagian masker ini adalah dalam rangka penerapan adaptasi kebiasaan baru untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

"Oleh karena itu mari kita terapkan pola hidup dengan adaptasi kebiasaan baru (AKB) dan jangan bosan menghimbau kepada keluarga terkait protokol kesehatan, mari kita selamatkan diri dan keluarga kita dari Covid-19," pintanya.

Ada 5 pesan terkait protokol kesehatan menuju adaptasi kebiasaan baru (AKB) yakni pertama, mengupayakan setiap kegiatan diluar rumah untuk tetap menggunakan masker, karena menurut WHO selaku badan kesehatan dunia bahwa menggunakan masker menjadi salah satu pencegahan yang aman terhadap penyebaran Covid-19, kedua, mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir atau memakai hand sanitizer seperti yang kita lakukan saat ini, ketiga, jaga jarak atau physical distancing dengan jarak 1,5 meter, keempat hindari kerumunan (social distancing) apabila tidak penting dan yang kelima, selalu menjaga imun tubuh dengan selalu berolahraga dan makan-makanan yang bergizi.

"Jangan ada lagi persepsi masyarakat yang mengatakan bahwa Covid-19 itu tidak ada, karena Covid-19 ini tidak terlihat tapi dipastikan ada jadi berhati-hatilah dan selalu menjalankan protokol kesehatan serta selalu berdo'a kepada Allah SWT agar dijauhkan dari Covid-19 ini," pungkas Syahrul.