TOBA-Kejadian kecelakan laka tunggal mobil terjatuh kejurang Selasa (8/9/2020) Sekira Pukul15.00 WIB di dusun Dolok Nauli/Ponot Desa Hitetano Kec Habinsaran Kab Toba.

Sekira pkl 15.30 wib Mobil Pick Up L 300 dengan Nomor Polisi BB 8470 LE yang dikemudikan Ferdinan Nababan/Pak April (48) warga Dusun Panganan Lombu Desa Hitetano Kecamatan Habinsaran Kabupaten Toba pulang dari Pekan/Onan desa Matio.

Kendaraan yang dikemudiakan Ferdinan Nababan/Pak April yang kesehariannya adalah merupakan mobil sarana transportasi angkutan Desa di Hite Tano.hari itu Ferdinan dengan kendaraan yang dikemudikannya mengangkut penumpang warga desanya hendak pulang ke desanya sehabis para warga berbelanja di desa Matio yang merupakan pasar Desa di daerahnya pulang menuju desanya Hitetano.

Kapolres Tobasa melalui Kasubbag Humas Iptu Khairudin Sukri Yanto kepada Gosumut saat dikonfirmasi menjelaskan kronologis kejadian kejadian Laka Lantas Mobil Pick Up L300 Nopol BB 8470 LE yang dikemudikan Ferdinan Nababan membawa penumpang yang sudah selesai berbelanja dan melaksanakan kegiatan Pekan/Onan di desa Matio Kecamatan Habinasran Kabupaten Toba.

Saat itu mobil Pick Up yang kemudikan Ferdinan Nababan membawa penumpang sebanyak 27 orang beserta barang barang belanjaan para warga desa penumpang mobil.

Sekira pukul 13.00 Wib Mobil Yang dikemudikan Ferdinan Nababan sebagai sopirnya mobil tiba di dusun Panganan Lombu Desa Hitetano Kec Habinsaran yang kondisi Jalannya memang mendaki (menanjak).

Lanjut Kasubbag, tepat sesaat tiba di jalan mendaki/tanjakan mobil yang dikemudikan Ferdinan Nababan tidak sanggup mendaki/Menanjak karena mesin mobil mati memdadak dan sopir mobil tidak dapat lagi mengKontrol laju kendaraan yang dikemudikannya membuat mobil masuk danmterjun kedalam jurang tepi jalan sedalam 3.5 M dengan Posisi Mobil terbalik dengan posisi ban mobil ke atas.

Para korban yang meninggal Dunia dalam kecelakaan tersebut adalah : Sri Purwani Simanjuntak, (5), Gloria Sibarani (1), Riris Nababan (10) Pelajar SD yang kesemuanya korban meninggal Dunia adalah warga dusun Lumban Ramba Desa Hitetano Kecamatan Habinsaran Kabupaten Toba.

Untuk para Korban kecelakaan yang dirujuk ke RSUD Porsea setelah berhasil di evakuasi dari dalam jurang jatuhnya mobil berjumlah 4 Orang yakni Pasaria Br Sinaga (28),- Christopel Nababan (2,8), Stephani br Sibarani (8) Pelajar SD, Friska Panjaitan (36).

Selanjut beberapa dari para korban kecelakaan yang di evakuasi dan di rujuk ke RSU HKBP Balige sebanyak 8 orang, Tioria br Nababan (70), Resna br Panjaitan (60), Rosma br Nababan (65), Tongam br Hutapea (40), Midian br Nababan (72), Joko Nababan (Laki-Laki) 3 Tahun, Delima br Simangunsong (7) Pelajar SD, Dumaria br Panjaitan (65) semua korban kecelakaan adalah warga dusun Lumban Ramba desa Hitetano Kecamatan Habinsaran Kabupaten Toba.

Lanjut Kasubbag menyampaikan Informasi pemeriksaan penyelidikan sementara dari Satlantas Polres Tobasa di Tempat Kejadian Perkara (TKP) adapun penyebab kejadian terjadinya kecelakaan yang terjadi di desa Hitetano Kecamatan Habinsaran Kabupaten Toba adalah mobil kelebihan muatan (Over Kapasitas Tonase), mobil tidak sanggup melaju mendaki ke atas jalan, mobil pengangkut barang diperuntukkan menjadi mobil pengangkut penumpang.dengan pemilik mobil Anggiat Nababan warga desa Matio Kecamatan Habinsaran.

Oleh aparat Kepolisian jajaran Polres Tobasa mengevakuasi para korban meninggal Dunia dan luka parah/ringan bersama warga desa setempat di lokasi kejadian yang selanjutnya para korban di rujuk langsung ke RSUD Porsea dan RSU HKBP Balige Kabupaten Toba.selanjutnya para korban meninggal dunia ke rumah duka masing masing.