SAMOSIR-Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Samosir menggelar rapat kerja (Raker) bersama Dinas PUPR, PRKPP, Bappeda, dan Lingkungan Hidup terkait progres pengusulan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dan progres jalan nasional yang ada di Kabupaten Samosir, Selasa (8/9/2020).

Ketua komisi III, Jonner Simbolon menjelaskan, rapat kerja itu dilaksanakan terkait proses pembangunan (TPS) dan pelaksanaan pembangunan jalan nasional yang saat tengah berlangsung di Samosir.

"Selain itu, kita perlu mengetahui sudah sejauh mana penyelesaian ijin pinjam pakai lahan, ijin lingkungan maupun ijin lainnya terkait pemanfaatan area hutan lindung maupun Area Penggunaan Lain (APL)," ujar Jonner.

Ia menambahkan, hal lain yang perlu diketahui komisi III, yaitu pengalihan asset jalan Kabupaten ke Provinsi. "Kami melihat perhatian Pemerintah Provinsi terhadap penanganan jalan Provinsi yang ada di Kabupaten Samosir belum ada," tukasnya.

Sekaitan dengan hal itu, Kepala Bappeda Kabupaten Samosir, Rudi Siahaan menjelaskan, penyelesaian dokumen ijin lingkungan dan ijin lainnya sedang berjalan dan diharapkan akan segera selesai.

Menambahi, anggota komisi III, Parluhutan Sinaga juga menyinggung jalan Provinsi Palipi-Parmonangan yang kini kondisinya longsor.

"Jalan Provinsi di Palipi-Parmonangan yang kondisinya saat ini mengalami longsor kita harapkan segera ditangani. Lakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi agar badan jalan jangan sampai putus. Kita mau aksesbilitas masyarakat tidak terganggu akibat rusaknya jalan itu, kita harus berinisiatif memperbaikinya, karena yang memakainya adalah masyarakat kita," tegas Parluhutan.

Sementara itu, terkait ruas jalan pengalihan asset Kabupaten ke Provinsi, Kepala Dinas PUPR Samosir, Pantas Samosir menjelaskan, pengalihan asset jalan Kabupaten ke Pemerintah Provinsi, sudah disampaikan ruas-ruas jalan mana saja yang menjadi asset Provinsi.

Dan terkait jalan longsor, Pantas menyampaikan, akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi untuk penanganan jalan longsor dimaksud.

Terkait jalan longsor, Ketua komisi III juga menekankan agar secepatnya ada perlakuan terhadap jalan longsor Palipi-Parmonangan. "Kami mengharapkan segera ada perlakuan disana," tutup Jonner Simbolon.