TOBA-Petahana Ir,Darwin Siagian dan Ir.Hulman Sitorus,MM Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Toba resmi maju kembali menjadi Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Toba pada pesta Demokrasi Pemilukada serentak 09 Desember 2020 dan resmi mendaftarkan pasangannya ke KPUD Kabupaten Toba Sabtu, 04/09/2020.

Pasangan Ir.Darwin Sagian/Ir.Hulman Sitorus,MM petahana/Incumbent resmi menjadi kontestan peserta Pemilukada Kabupaten Toba tahun 2020 di usung 4 Partai pengususng di DPRD Kabupaten Toba yakni Partai Golkar 6 Kursi di DPRD Kabupaten Toba, Partai Nasdem 5 Kursi, Partai PKB 4 Kursi dan Partai Demokrat 4 Kursi dengan total Dewan di DPRD Kabupaten Toba mengusung pasangan Petahana 19 Kursi.

Pasangan Petahana mengantarkan berkas syarat dari persyaratan yang ditetapkan sesuai peraturan perundang undangan menjadi Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati ke KPUD Kabupaten Toba didampingi para Ketua Partai pengusung pasangan Bakal Calon.

Saat mendaftarkan pasangan bakal calon Bupati/Wakil Bupati dari pasangan Petahana/Incumbent yang telah direkomemdasikan 4 partai pengusung (Golkar, Demokrat, Nasdem dan PKB), oleh Ketua Partai Nasdem DPD Kabupaten Toba Jubel Tambunan didampingi Sekretaris Partai Robinson Sibarani, Ketua Partai Golkar DPD Kabupaten Toba Efendi SP Napitupulu,SE bersama Sekretaris Partainya, Ketua Partai PKB Kabupaten Toba Sabaruddin Tambunan bersama sekretarisnya, Ketua Partai Demokrat oleh Parulian Gurning bersama Sekretaris Partainya Tamba Aritonang.kesemua pengurus partai ini medaftarkan paslon petahana dukungan partai mereka ke KPUD Kabupaten Toba.

Pendaftaran pasangan Bakal Calon Bupati/Wakil Bupat idari Petahana/Incumbent saat mengantarkan berkas persyaratan pendaftarannya sangatlah menarik perhatian publik di Kabupaten Toba.

Hal ini dikarenakan pasangan Petahana/Incumbent pada kontestasi Pemilukada serentak tahun 2020 ini didukung oleh 3 mantan Bupati Kabupaten Toba (Toba Samosir,red).ini tampak dilokasi perkantoran KPUD Kabupaten Toba. Tampak ke 3 mantan Bupati Kabupaten Toba turut serta mendampingi Petahana untuk menghantarkan berkas syarat dari persyaratan pendaftaran yang dimintakan KPUD untuk disampaikan partai pengusung dan pasangan Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati pasangan Incumbent/Petahana menjadi kontestan pada Pemilukada serentak 9 Desember 2020 sesuai yang telah ditetapkan peraturan dan perundang undangan.

Majunya pasngan Petahana Ir.Darwin Siagian/Ir,Hulman Sitorus, MM menjadi Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati untuk jabatan Periode ke Dua (2) mendaoat dukungan penuh dari 3 mantan bupati Kabupaten Toba terdahulu.mantan Bupati pertama (1) Drs.Sahala Tampubolon yang merupakan pejuang penggagas dan pendiri lahir dan mekarnya Kabupaten Toba Samosir (saat Kabupaten Toba) yang dimekarkan dari Kabupaten Tapanuli Utara (TAPUT) dengan periode jabatan Bupati pada tahun 2001 - 2005, Bupati Kabupaten Toba Ke 2 (Dua) Drs.Monang Sitorus,SH. MBA pada Peride 2005 - 2010 dan Mantan Bupati Kabupaten Toba ke 3 (Tiga) Kasmin Pandapotan Simanjuntak periode jabatan 2010 - 2015.

Setelah diserahkan berkas persayaratan pendaftaran oleh Pasangan Bakal calon Bupati/Wakil Bupati bersama dengan Ketua dan Sekretaris partai pengusung paslon. Berkas diterima oleh 5 Komisioner KPUD Kabupaten Toba dan melakukan ferikiasi berkas awal sebelum diserahkan kelanjutannya kepada Panitia Pendaftaran KPUD Kabupaten Toba.

Selanjutnya oleh panitia penerima pendaftaran melakukan ferifikasi dan pemeriksa kelengkapan dokumen sebagaimana syarat pada persyaratan pendaftaran untuk menjadi pasangan Bakal Calon Bupati/wakil Bupati Pemilukada serentak tahun 2020.

Pada pemeriksaan ferifikasi dokumen ditemukan ada kekurangan berkas persyaratan pasangan Petahana yakni foto caopi SK Pengurus Partai dan surat pernyataan bersedia dan siap untuk Cuti oleh Pasangan Bakal Calon Wakil Bupati Petahana.

Mendapati hal tersebut maka berdasarkan peraturan semua berkas paslon saat mendaftar harus lengkap, oleh pihak partai pengusung paslon Petahana segera melengkapinya hari itu juga dan meminta sidang untuk diskors selama 60 menit,supaya partai pengusung melengkapi kekurangan berkas persyaratan yang dimintakan.

Melihat hal tersebut oleh pimpinan sidang maka sidang di skors selama 60 menit sidang akan dilanjutkan tepat pukul 16.00 Wib. Dalam kesempatan tersebut semua kekurangan berkas persyaratan yqng dimintakan sesuai prosedur peraturan undang undang langsung di penuhi partai pengususng Petahana, maka oleh panitia dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat untuk sementara.

Dan untuk selanjutnya oleh Komisioner KPUD dan Panitia Pendaftaran Pasangan Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati Pemilukada serentak di Kabupaten Toba tahun 2020 akan melakukan ferikasi ulang termasuk melakukan pemeriksaan keaslian, keabsahan dan kebenaran berbagai berkas yang diajukan sesuai persyaratan yang diterima oleh KPUD Kabupaten Toba menurut amanah Peraturan Hukum dan Undang Undang tentang Pemilu.jelas Hendri M Pardosi Ketua KPUD Kabupaten Toba Samosir (Toba) kepada Gosumut.com saat dikonfirmasi usai sidang dilaksanakan.

Terkait dengan pelaksanaan penerimaan pendactaran pasangan Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Toba tahun 2020 Ketua BAWASLU Kabupaten Toba Romson Purba kepada Gosumut menyampaikan, pelaksanaan penerimaan pendaftaran Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Toba oleh KPUD Kabupaten Toba Sabtu, (5/9/2020) berjalan dengan baik dan telah terlaksanakan sesuai dengan yang amanhkan peraturan perundang undangan.

Ditegaskan Romson, Komisoner KPUD Kabupaten Toba dan jajaran Kepanitiaannya menjalankan tufoksinya mereka tetap berdasarkan peraturan Hukum dan Perundang Undangan.

Berdasarkan pantauan Gosumut, KPUD Kabupaten Toba dalam menjalankan dan melaksanakan penerimaan berkas pendaftaran Paslon Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati berjalan dengan baik teyap berdasarkan musyawarah sidang sesuai yang diamanahkan aturan Hukum dan Undang Undang.

"Maka setelah penerimaan berkas pendaftaran hari ini, selanjutnya KPUD Kabupaten Toba akan melaksanakan tugas ferifikasi lanjutan seuai dengan tahapan, guna memeriksa dan memastikan Keaslian Keabsahan dan kebenaran semua berkas persyaratan yang telah diajukan oleh Pasangan Bakal Calon bersama Partai Pengusungnya masing masing pasangan bakal calon Bupati/Wakil Bupati," tegas Romson.

Pasangan Petahana Bakal Calon Bupati Ir.Darwin Siagian dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas semua kinerja KPUD Kabupaten Toba untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilukada serentak di 9 Desember 2020 ini.

"Kami tetap berharap kita tetap saling terbuka dalam hal berbagai komunikasi yang berkaitan dengan informasi akan kelengkapan dan pelaksanan Pemilukada ini kedepan. Bila ada hal yang kurang mohon secepatkan di komunikasikan, supaya bisa segera dipenuhi dan jangan sampai habis masa tengat batas waktu yang telah ditetapkan.hal dmi suksesnya pelaksanaan pemilukada Kabupaten Toba," imbuhnya.

Usai pendaftaran, kepada seluruh simpatisan dan relawan Petahana 2 Periode Ir.Hulman Sitorus,MM Bakal Calon Wakil Bupati Petahana berpesan supaya kita tetap menjaga tali persaudaraan antara sema masyarakat di Kabupaten Toba pasca jelang Pemilukada 2020. "Tetaplah kita mematuhi protokoler kesehatan pasca wabah Pendemi saat ini. Untuk pendaftaran ini kami membatasi jumlah massa demi menjaga keselamatan dan kesehatan bersama dari paparan wabah pandemi Covid-19," ungkap Hulman.

"Mari kita rapatkan barisan untuk berjuang dengan santun dan berkarisma dengan penuh kedamaian. Pilihan dan dukungan boleh berbeda tetapi kita harus tetap satu sebagai warga masyarakat Kabupaten Toba, suku Batak Toba di bawah bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," himbau Hulman.

Pantauan Gosumut.com di kantor KPUD Kabupaten Toba dalam pelaksanaan penerimaan pendaftaran Pasangan Calon Bupati/WKil Bupati tetap dilaksanakan pemwriksaan kesehatan sebelum memasuki ruang kantor.

Diawali dengan cuci tangan dilanjutkan pemeriksaan suhu tubuh dengan Thermo Gun selanjutnya mengunakan cairan Hand Sanitazer kepada Paslon dan seluruh pengurus Partai pengusung pasangan Petahana/Incumbent yang mendampingi untuk mendaftarkan pasangan Incumbent/Petahana dilaksanakan.hal terswbut dilaksanakan sesuai protokoler kesehatan yangnditetapkan Pemerintah pasca serangan wabah pandwmi Covid-19 dekade ini.