TOBA-Pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba pada Pemilukada 9 Desember 2020 yang dilaksanakan oleh pasangan Balon Bupati/Wakil Bupati Poltak Sitorus dan Tonny Simanjuntak,di Kantor KPUD Kabupaten Toba Jumat, (4/9/2020) dimulai sekitar pukul 9.00 wib dijaga dan dikawal ekstra ketat oleh personil Polsek Balige beserta personil jajaran Polres Tobasa yang dipimpin oleh Kabag Ops. Efendi Sinaga.

Sebelum melaksanakan tugas pengamanan di kantor KPUD seluruh personil jajaran yang terlibat bertugas dalam pengamanan sebelumnya telah diberi arahan sesuai SOP (Standar Operasi) yang telah diatur dalam Hukum dan Undang Undang untuk pengamanan.

Pembekalan pengarahan dilakukan untuk dilaksanakan oleh setiap personil jajaran Polres Tobasa yang bertugas supaya jangan sa,pai menyimpang dari SOP yang telah ditetapkan.pada gelar arahan dan pelaksanaan operasi pengawalan dan pengamanan pendaftaran di KPUD Kabupaten Toba dipimpin langsunh oleh Kabag Ops Kompol Drs.Efendi Sinaga.

Pengawalan dan Pengamanan di KPUD Kabupaten Toba dilaksanakan bertujuan untuk menjaga Kamtibmas demi kelancaran dan keamanan proses pelaksanaan pendaftaran serta mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas seperti kemungkinan bentrokan antar massa beda dukungan.

Kapolres Tobasa melalui Kabag Ops Polres Toba, Kompol Efendi Sinaga kepada Media menyampaikan, Polres Tobasa dan seluruh jajaran akan benar-benar mendukung penuh dan all out untuk melaksanakan pengamanan dalam setiap pelaksanaan tahapan Pemilukada Kabupaten Toba tahun 2020.

Kapolres Tobasa dengan jajaran dibawahnya seluruh Personil Polres Toba akan bekerja dengan maksimal dan optimal untuk menjaga dan mensukseskan kelancaran pelaksanaan Pemilukada tahun 2020, Polres Tobasa akan bertindak netral sesuai tupoksinya serta akan menindak tegas siapapun yang ingin menganggu jalannya proses pesta Demokrasi Pemilukada Kabupaten Toba tahun 2020 ini.

Pendaftaran pasangan Calon Bupati yang diusung oleh Partai Pengusung dan pendukungi untuk pesta Demokrasi Pemilukada Kabupaten Toba Jumat, (4/9/2020) telah dimulai sesuai dengan tahapan pelaksanaan Pemilukada Tahun 2020.

KPUD Kabupaten Toba di Jalan Tarutung KM. 2 Soposurung Kecamatan Balige telah memulai dan melaksanakan Tahapan Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba Tahun 2020.

Untuk waktu pendaftaran oleh KPUD Kabupaten Toba dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai Jumat, (4/9/2020) s/d Minggu (6/9/2020). Pendafataran awal pasangan calon diawali oleh pasangan Bakal calon Bupati/Wakil Bupati Ir. Poltak Sitorus, Msc/Tonny Simanjuntak yang usung oleh partai PDI Perjuangan 5 Kursi DPRD, Perindo 3 Kursi DPRD dan PKPI 1 Kursi DPRD.

Pendaftaran pasangan calon yang diantar dan didaftarkan langsung oleh partai pengusungnya diterima langsung oleh Ketua KPUD Kabupaten Toba beserta Komisioner KPUD Kabupaten Tobasa sebagai petugas penerima pendaftaran. Juga dihadiri oleh Komisioner Bawaslu Kabupaten Toba.

Dalam penyampaian berkas pendaftaran pasangan Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati, Bakal,Valon Bupati Ir.Poltak Sitorus, M.Sc didampingi Istri dan Tonny Simanjuntak, SE juga bersama Istri yang disampingi oleh Wakil ketua DPD PDI Perjuangan Prov.Sumut Sarma Hutajulu, SH, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Toba Mangatas Silaen Wakil Ketua DPRD Kabupaten Toba dari Partai PDIP betsama sekretaris Partai, Ketua DPC Perindo Kabupaten Toba Makmur Marpaung bersama sekretaris, Ketua DPC PKPI Kabupaten Toba Ojak Hutapea bersama Sekretaris, Ryan Malau (petugas partai), Henny P. Siagian (petugas partai) dipqntau langsung oleh Kabag Ops Polres Toba Kompol Drs Efendi Sinaaga, Kasat Intelkam Polres Toba AKP Antoni Rajagukguk, MH dan Kapolsek Balige.