JAKARTA - Maskapai nasional Garuda Indonesia menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam menggelar test urine terhadap seluruh jajaran manajemen Garuda Indonesia dan karyawannya, pada Rabu (2/9/2020).

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, pemeriksaan narkoba dilakukan terhadap seluruh jajaran Direksi, Vice President, serta pemeriksaan random check terhadap air crew yang akan bertugas.

Baca Juga: Garuda Tegaskan Perlindungan bagi Awak Kabin Korban Pelecehan Seksual

Baca Juga: Garuda Indonesia Mem-PHK Oknum Pilot Terlibat Narkoba

"Selanjutnya, pemeriksaan test narkoba akan dilakukan secara bertahap terhadap seluruh karyawan Garuda Indonesia baik pegawai darat, air crew hingga ground staff," kata Irfan, tertulis.

Dari hasil pemeriksaan, kata Irfan, seluruh jajaran manajemen serta karyawan yang menjalani pemeriksaan test urine dinyatakan bersih atau tidak terdeteksi menggunakan narkoba.

Irfan memastikan, pemeriksaan ini dilakukan "tanpa pemberitahuan sebelumnya," kepada mereka yang diperiksa.

"Sebagai penyedia jasa transportasi udara, Garuda Indonesia senantiasa berkomitmen untuk selalu mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan  yang salah satunya kami lakukan melalui upaya pencegahan peredaran dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang di lingkungan kerja Garuda Indonesia," kata Irfan.***