PADANGSIDIMPUAN-Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution membuka acara Tabligh Penyambutan Tahun Baru Islam 1442 H Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padangsidimpuan, Senin (31/8) di Aula Kantor MUI Padangsidimpuan.

Dalam sambutannya, Irsan Efendi menyebut sesungguhnya Virus Covid-19 di Indonesia Khususnya Kota Padangsidimpuan belum juga menunjukkan tanda-tanda penurunan. Untuk itu kita sebagai bagian dari masyarakat harus mengambil peran dalam upaya-upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Irsan Efendi juga menaruh harapan melakukan sinergitas sesuai peran bersama untuk mengikuti adaptasi kebiasaan baru, dengan menyampaikan kepada masyarakat untuk memakai masker, cuci tangan, dan physical distancing.

“Kegiatan-kegiatan boleh saja berlangsung, namun protokol kesehatan harus dilaksanakan dalam ikhtiar kita dalam pencegahan Covid-19 ditengah-tengah masyarakat, dengan menyediakan wadah cuci tangan, dan mewajibkan penggunakan masker dan membatasi jumlah undangan,” katanya.

Melalui peringatan Tahun Baru Islam ini, atas nama pemerintah kota Padangsidimpuan mengapresiasi kegiatan Tabligh penyambutan Tahun Baru Islam yang dilaksanakan MUI yang menerapkan protokol kesehatan, semoga kegiatan keagaaman ini diberkahi Allah SWT dan kita dihindarkan dari segala Bencana termasuk Virus Corona ini, ucapnya.

Ketua MUI Padangsidimpuan H Zulfan Efendi Hasibuan menyebut Tabligh Penyambutan Tahun Baru Islam ini merupakan agenda keagamaan yang dilaksanakan setiap tahun.

Namun, karna kondisi pandemi seperti ini maka dilaksanakan dengan terbatas, yang biasanya dilaksanakan di Masjid Raya Al-Abror dengan mengundang Ribuan orang, katanya.

Pergantian Tahun Baru Hijriah ini momentum untuk muhasabah diri, mempunyai tekad memperbaiki akhlak kita tahun ini daripada tahun sebelum-sebelumnya.

Beliau juga menyebut sejarah Tahun Baru Hijriah ini dimulai dari Hijrahnya Rasulullah SAW dari Kota Mekkah menuju Madinah Al Munawaroh.

Turut hadir Kapolres Padangsidimpuan, Kakan Kemenag, Padangsidimpuan, Ketua MUI Padangsidimpuan, Ketua IPHI Padangsidimpuan, Tokoh Agama, dan Ormas-ormas Islam.