TOBA-Musyawarah Daerah X Partai Golkar Kabupaten Toba Tahun 2020 digelar di Convantion Center Labersa Toba Hotel - Balige Senin, (31/8/2020) dengan mengusung Tema Kita Satu Raih Kemenangan.

Sebelumnya Minggu,(30/8/2020) oleh Panitia MUSADA Partai Golkar ke X dengan Ketua Panitia MUSDA John Nikson Napitupulu telah melaksanakan penerimaan pendaftaran Calon Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Toba yang telah digelar di kantor Partai Golkar Kabupaten Toba Jln.SM Raja XII Kota Balige.

Dalam pendaftaran panitia hanya menerima pendaftar Calon Ketua hanya 1 orang Efendi P Napitupulu, SE Ketua Partai Golkar DPD Kabupaten Toba Periode jabatan 2015-2020 yang saat ini juga menjabat Ketua DPRD Kabupaten 2020 - 2025.

Hadir dalam MUSDA ke X Partai Golkar Kabupaten Toba Bupati Ir.Darwin Siagian bersama Wakilnya Ir.Hulman Sitorus,MM, Dewan Pakar Partai Golkar Kab.Toba Kasmin P Simanjuntak dan Dewan Penasehat Partai Drs,Sahala Tampubolon keduanya adalah mantan Bupati Kabupaten Toba (Toba Samoair,red), Ketua Partai PDIP Kab.Toba Mangatas Silaen, Ketua DPD Partai Demokrat diwakili sekretaris Patai Tamba Aritonang, Sekretaris Partai Perindo DPD Kab.Toba Berlin Maaung, Ketua PKB Sabaruddin Tambunan, Ketua BWASLU Kab.Toba Romson Purba.

Hadir mewakili Plt. Ketua DPW Partai Golkar Prov.Sumut H.Ahmad Dolia Tanjung, H.Syamsul Qamar Ketua Kobid. Peng. Kelompok Strategis didampingi Asnand Said wakil Ketua Bidang Ideologi Pancasila, Horas Sitompul Wakil Sekretaris dan Herbet Subea,Bendahara Partai Golkar DPW Prov.Sumut Viktor Silaen,SE.MM Ketua Komisis B DPRD Prov.Sumut.

Pelaksanaan MUSADA yang digelar di tingkat Kabupaten/Kota saat ini adalah instruksi Ketua Umum Partai Golkar nantinya dilanjutkan MUSDA DPW tingkat Propinsi sebelum Munas Partai Golkar dilaksanakan.

MUSDA sebagai tindak lanjut evaluasi kerja pengurus dan Pimpinan Partai serta melakukan restrukturisasi kepengerusan serta menyusun dan merencanakan program kerja partai ke depan demi kesuksesan Partai dalam membangun NKRI.tegas H.Syamsul Qamar Ketua Kobid. Peng. Kelompok Strategis partai Golkar Porov. Sumut dalm sambutannya sekaligus membuka dengan resmi pelaksanaan MUSDA X Partai Golkar Kab,Toba.

Dalam perjalanan kepemimpinan selama periode masa lalu 2015 - 2020 dengan menjalankan program kerja tentinya ada kekurangan dan kelemahan oleh pengurus lama. "Untuk itu kedepan pengurus Partai yang terpilih nantinya melalui MUSDA Ke - X Partai Golkar Kabuoaten Toba tahun 2020 ini akan mengemban misi kerja Sukses Konsolidasi, Sukses Kaderisasi dan Sukses Pemilu," ungkap Efendi.

Penyampaian Laporan Pertanggung Jwaban (LPJ) sebelum sidang pemilihan dan penetapan Ketua DPD atas hasil sidang MUSDA Ke - X, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Toba Efendi P Napitupulu,SE disambut baik oleh Ketua PAC Lartai Golkar dari 16 Kecamatan se Kabupaten Toba.

16 pimpinan Partai Golkar PAC Kecamatan Kabulaten Toba dengan tegas menyampaikan sikap menerima dan menyetujui Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) yang disampaikan dan meminta, menegaskan serta memutuskan kembali untuk memimpin kembali partai Golkar DPD Kabupaten Toba pada periode jabatan 2020 - 2025.

Senada dengan 16 Pimpinan PAC Partai Golkar se Kabupaten Toba, selanjutnya organisasi pendiri Partai Golkar MKGR, KOSGORO dan SOKSI dengan hal sama menerima LPJ Ketua Partai Golkar dan tetap mengajukan kembali untuk menjadi ketua Partai Golkar periode 2020 - 2025.

Hal yang sama juga disampaikan dan ditegaskan Organisasi sayap yang didirikan Partai Golkar, AMPG, AMPI, KPPG menrima LPJ ketua partai Golkar Efendi Napitupulu dan mendukung penuh Efendi menjadi ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Toba.

Efendi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas diterimanya LPJ Ketua Partai Golkar periode 2015 - 2020 oleh semua unsur partai dan siap menerima kembali kepengurusan partai Golkar DPD Kabupaten Toba yang ke dua kalinya untuk periode jabatan 2020 - 2025.

Dilaporkan ketua Staring Comite selaku panitia penerima pendaftaran Calon Ketua DPD Partai Golkar Wilson Napitupulu yang digelar 31 Agustus 2020, yang mendaftar hanya 1 orang calon Ketua.pendaftar deterima dan diseleksi sesuai dengan kriteria pendaftaran serta sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh AD/ART dan ketetapan Peraturan lainnya yang ditetapkan dan disahkan oleh Partai.

Berdasarkan pasal 30 AD/ART Partai Golkar apabila bakal calon Ketua hanya 1 orang tidak dilakukan pembacaan atau penyamlaian Visi dan Misi calon Ketua dan ditetapkan serta diputuskan terpilih sebagai Ketua Partai secara Aklamasi selanjutnya ditetapkan sebagai Ketua terpilih Partai Golkar DPD Kab.Toba periode masa bhakti 2020 - 2025.

Berdsarkan SK Nomor : 09/MUSDA-X/GOLKAR-TOBAS/VIII/220 menetapkan Efendi SP Napitupulu, SE menjadi Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Toba Samosir masa Bhakti 2020 - 2025 sesuai hasil MUSDA Ke - X Partai Golkar Kabupaten Toba.

Selanjutnya ditetapkan sebagai Ketua Formateur untuk menyususn dan menetapkan susunan personalia kepengurusan Partai Golkar Kabupaten Toba Samosir untuk selanjutnya akan dilantik dan disahkan menjadi pengurus dan personalia partai Golkar DPD Kabupaten Toba pada periode 2020 - 2025.

Mewakili Ketua DPW Partai Golkar Prov.Sumut H.Syamsul Qamar Ketua Kobid. Peng. Kelompok Strategis menyampaikan sambutan arahan kepada ketua terpilih supaya Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Toba terpilih Efendi SP Napitupulu, SE masa bhakti 2020 - 2025 bersama ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar DPD Kabupaten Toba untuk segera menetapkan susunan personalia Dewan Pertimbangan Partai Golkar.

Ditegaskan Syamsul, rekrut dan rangkullah semua kader Partai di Kabupaten Toba, rebutlah simpatik masyarakat, menangkan Pemilukada 2020 dan raih kursi DPRD Kabupaten Toba di Pileg 2024 semaksimal mungkin untuk kembali menjadi pemenang. "Semua bisa kita capai dan kita raih dengan simpatik dan kebersamaan bersama rakyat karena Golkar adalah Indonesia dan Indonesia adalah Golkar," tegasnya.