TOBA-Dinas Pendidikan SMA/SMK Propinsi Sumatera Utara pada Cabdis SMA/SMK Balige akan membangun Unit Sekolah Baru (USB) di Negeri Tambunan desa Lumban pea Kecamatan balige Kabupaten Toba dalam rangka peningkatan kwalitas dan kwantitas dunia pendidikan tingkat Kejuruan.

Guna mensukseskan pelaksanaan rencana pembangunan USB SMK Negeri 3 Balige Jumat,28/08/2020 digelar acara serah terima Hibah tanah dari pemerintah Kabupaten Toba kepada Pemerintah Propinsi Sumatera Utara sekaligus peletakan batu peryama pembangunan USB SMK Kepariwisatan Negeri 3 Balige pada lokasi tanah rencana pembangunan terminal terpadu yang telah gagal di desa Lumban Pea Tambunan Kecamatan Balige.

Pelaksanaan acara peletakan batu pertma pembangunan SMK Kepariwisataan Negeri 3 Balige Kabupaten Toba dilaksanakan oleh Cabdis SMA/SMK Balige Propinsi Sumatera Utara dengan Kacabdis Drs,Alfred Silalahi.

Pembangunan USB ini adalah program bantuan Fasilitas USB (Unit Sekolah Baru) SMK Khusus oleh Direktorat SMK Kemendikbud RI di Tambunan desa Lumban Pea Jumat, (28/8/2020).

Untuk acara peletakan Batu pertama pembangunan sekolah dan serah terima hibah tanah dihadiri langsung 2 staf khusus dari Kemenko Kemaritiman. Kedua staf Kemeko Kemaritiman adalah Asisten Deputi Meteri Kemaritiman dan Investasi Cosmas bersama Sartin yang kehadirannya untuk menyaksikan dan melaksanakan acara serah terima Hibah tanah dan peletakan batu pertama pembangunan USB SMK Negeri 3 Balige bidang keahlian Pariwisata guna mendukung peningkatan pengembangan dan pembangunan destinasi Pariwisata Danau Toba menuju Pariwisata Go Internasional.

Kacabdis SMA/SMK Balige Prop.Sumut Drs,Alfred Silalahi kepada www.gosumut.com saat dikonfirmasi menjelaskan, untuk lahan pembangunan SMK Negeri 3 Balige Kabupaten Toba dihibahkan oleh Pemkab Toba kepada Pempropsu seluas 18070 Meter persegi.

Serah terima hibah akan ditanda tangani oleh Bupati Toba Ir.Darwin Siagian selaku pemberi hibah atas nama Pemerintah Daetah Kabupaten Toba yang penerimaan Hibahnya diterima dan ditanda tangani oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Lanjut Kacabdis, Pembangunan USB (Unit Sekolah Baru) ini bebiaya Rp. 3,2 Miliar yang bersumber dari Dana APBN Kementerian Pendidikan dan Budaya RI TA - 2020.

"Untuk pembangun gedung direncanakan dibangun 2 Ruangan Praktek siswa, 3 Ruang Kelas Belajar siswa/i, 1 Gedung Perpustakaan dan 1 ruang gedung kantor guru dan kepala sekolah, dengan kapsitas jumlah siwa/i 36 orang per kelas kali 3 ruang Kelas.sekolah ini dipastikan sudah harus menerima siswa/i di tahun ajaran baru 2020/2021," ungkap Alfred Silalahi.