JAKARTA - Mendekati bergulirnya lanjutan Kompetisi Sepakbola Liga 1 2020 dan Liga 2 2020, PT Liga Indonesia Baru (LIB) terus melakukan persiapan matang. Termasuk persiapan yang berkaitan koordinasi dengan pihak pengamanan. Usai berkoordinasi dengan Kapolda DIY pada beberapa pekan lalu, pada Rabu (26/8/2020), PT LIB beraudiensi dengan Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri. Audiensi tersebut dilakukan di Gedung Mabes Polri, Jakarta.

Dari PT LIB dihadiri Direktur Utama, Ir. Akhmad Hadian Lukita, MBA, QWP dan Direktur operasional, Irjen Pol (P) Drs. Sudjarno.  Sementara dari pihak Baintelkam Polri ditemui secara langsung oleh Kepala Badan Intelijen Keamanan Polri (Kabaintelkam) Polri, Komjen. Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si.

Dalam audiensi tersebut, PT LIB menjelaskan banyak hal tentang pentingnya kompetisi lanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020. “Kami menginformasikan kepada bapak Kabaintelkam bahwa lanjutan kompetisi sepak bola nasional nantinya akan memberikan manfaat yang beragam. Bukan hanya memberikan keuntungan untuk kompetisi internal, namun juga manfaat dalam skala yang lebih luas. Pembuktian Indonesia ke dunia internasional sebelum digulirkannya Piala Dunia U-20 2021,” jelas Akhmad Hadian Lukita.

Sudjarno menambahkan, PT LIB juga menginformasikan bahwa persiapan matang sudah dilakukan. Termasuk hal-hal detail yang berkaitan dengan teknis pertandingan secara keseluruhan. Mulai penentuan sistem atau format kompetisi, peserta Liga 1 dan Liga 2, sampai dengan aspek koordinasi pengamanan, kerawanan yang perlu diantisipasi serta perizinan.

“Salah satu yang menjadi perhatian serius ada pada protokoler kesehatan selama kompetisi. Kami informasikan secara detail soal yang satu ini. Mulai dari protokoler kesehatan yang harus dipatuhi pemain, pelatih, sampai dengan personal lain yang terlibat dalam satu penyelenggaraan pertandingan. Kami juga menginformasikan bahwa semua pertandingan digelar tanpa penonton,” tambah Sudjarno.   

Menyimak penjelasan yang diutarakan oleh PT LIB, Kabaintelkam Polri memberikan respon yang positif. “Kami akan mendukung penuh kegiatan kompetisi sepak bola nasional tersebut. Semoga lanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 tersebut, bisa memberikan manfaat bagi rakyat Indonesia di tengah pandemi Corona yang masih terjadi,” ujar Kabaintelkam) Polri, Komjen. Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si. ***