SAMOSIR-Bertempat di Kantor Desa, Pemerintah Desa Pardugul dengan mengundang masyarakat, pihak Kecamatan, pendamping desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh masyarakat, kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP), dan tokoh agama, menggelar musyawarah penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) 2021, Kamis (27/8/2020).

Dibuka secara resmi oleh Ketua BPD Pardugul, Kapner Sinurat, musyawarah RKPDes berlangsung sekaligus dalam rangka pemilihan tim penetapan RKPDes 2021. "Kami berharap, musyawarah penetapan RKPDes hari ini dapat berjalan baik untuk pembangunan desa Pardugul di Tahun Anggaran 2021," singkat Kapner.

Sementara itu, Kepala Desa, Gunawan Sinurat menyampaikan, musyawarah berlangsung dilakukan sebagai tindak lanjut dari hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa Pardugul pada Februari 2020.

"Musyawarah kali ini, untuk menetapkan RKPDes 2021 sebagai tindak lanjut dari Musrenbang Februari lalu. Sekaligus, untuk pemilihan tim penetapan yang tentunya melibatkan masyarakat serta perwakilan perempuan didalamnya," papar Gunawan.

Disampaikan juga, bahwa adapun tim terpilih, murni sebagai bentuk swadaya masyarakat untuk kemajuan Desa Pardugul. "Tetapi perlu kami sampaikan, agar tidak salah paham, bahwa tim ini sesungguhnya tidak mendapatkan gaji atau upah. Dalam kata lain, tidak ada ditampung anggaran untuk itu, dan murni sifatnya swadaya," jelas Gunawan.

Hadir Kepala Seksi (Kasi) PMD Camat Pangururan, Elfrida Aritonang, Pendamping desa, Friska Sibarani, pada kesempatan itu berharap agar RKPDes Pardugul di 2021, anggaran yang bersumber dari Dana Desa (DD) agar diarahkan lebih kepada pemberdayaan guna peningkatan sektor ekonomi masyarakat mengingat bencana non-alam pandemi Covid-19 belum berakhir.

Di rangking dari hasil Musrenbang 2020 dan dari hasil Musrenbang tahun-tahun sebelumnya yang belum dapat direalisasikan sesuai kemampuan anggaran desa, RKPDes Pardugul yang akan dikerjakan di 2021, beberapa diantaranya, yaitu pembangunan gudang untuk penyimpanan inventaris desa seperti alat-alat mesin pertanian, pemasangan meteran air minum, peningkatan dan rehab irigasi pertanian, penyediaan alat-alat pesta, penanaman pipa salur untuk irigasi pertanian, dan pembangunan gudang baru untuk mesin pompa 30 PK milik Desa Pardugul yang selanjutnya akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran desa yang tersedia.