BANDA ACEH - Seorang pekerja jalan tol Banda Aceh - Sigli meninggal dunia setelah tergilas truk trailer, Rabu (26/8/2020) pukul 15:55 WIB.

Kejadian itu menjadi kecelakaan pertama di jalan tol tersebut, setelah dilakukan peresmian oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (25/8/2020).

Kecelakaan itu terjadi di ruas Blangbintang-Indrapuri, tepatnya sekitar 50 meter dari gerbang Tol Blangbintang.

Dilansir dari Serambinews.com, korban yang bernama Masrijal (37), Warga Lampisang Tunong, Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar dan merupakan awak truk trailer tersebut.

Saat itu, truk trailer yang dikemudikan oleh Muhammad Nazar (26) yang juga Warga Lampisang Tunong, Seulimuem, masuk ke jalan tol melalui gerbang keluar.

Karena harus berbelok ke jalur masuk, akhirnya korban turun dari truk dan membuka barikade/water barrier. Truk trailer itu mengangkut alat berat untuk kebutuhan pengerjaan tol.

Setelah mengarahkan trailer tersebut berbelok dari jalur keluar ke arah jalur masuk, korban mencoba naik lagi ke truk tersebut yang masih berjalan.

Saat meloncat ke atas truk, korban terpeleset hingga jatuh, hingga badannya tergilas oleh ban belakang truk trailer bermuatan berat tersebut.

Korban dinyatakan meninggal dunia di lokasi kecelakaan, karena mengalami luka-luka yang berat akibat tergilas. 

Jokowi Resmikan Tol Aceh

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo, meresmikan jalan tol Sigli-Banda Aceh, seksi 4 Indrapuri - Blang Bintang di Kabupaten Aceh Besar, Selasa 25 Agustus 2020. Acara peresmian jalan tol pertama di Aceh ini berlangsung di pintu tol Blangbintang, Kabupaten Aceh Besar. Kegiatan ini hanya dihadiri sedikit orang, karena pandemi Covid-19.

Presiden Jokowi tiba di lokasi acara didampingi Plt Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah, Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, dan beberapa menteri serta pejabat lainnya.

Sebelum meresmikan pemakaian jalan tol, Presiden Jokowi terlebih dahulu mendengar penjelasan dari pihak pelaksana tentang progress pembangunan jalan tol Trans Sumatera. Pembangunan jalan tol Trans Sumatera sepanjang hampir 3000 kilometer ini dilakukan dari dua provinsi di kedua ujung Pulau Sumatera, yaitu Lampung dan Aceh. Pintu tol Blangbintang ini yang merupakan bagian dari ruas jalan tol Sigli Banda Aceh sepanjang 74 kilometer.

Ruas jalan tol yang diresmikan oleh Presiden Jokowi tadi pagi adalah seksi 4 Blangbintang Indrapuri sepanjang 14 kilometer. Dilaporkan bahwa jalan tol Trans Sumatera ini sambung-menyambung dari Aceh ke Lampung sepanjang hampir 3000 kilometer.

Ruas jalan tol ini terdiri atas dua koridor, yaitu koridor utama sepanjang 2000 kilometer dan koridor pendukung sepanjang 919 kilometer. Saat ini ruas tol yang telah beroperasi sepanjang 648 kilometer.

Pihak Hutama Karya juga sedang melakukan kontruksi sepanjang 514 kilometer.Kemudian sedang dalam penuntasan perjanjian konsesi di tujuh ruas, antara lain, Betung (Sumatera Selatan)- Jambi. Kemudian Jambi - Rengat (Riau), Rengat - Pekanbaru (Riau), Rantau Parapat- Kisaran (Sumatera Utara), Langsa-Lhokseumawe (Aceh) dan Lhokseumawe-Sigli (Aceh). 

Perjanjian konsesi ini dijadwalkan tuntas tahun ini sehingga pihak kontraktor pelaksana bisa segera melakukan pekerjaan menyambung pembangunan jalan tol dari Banda Aceh hingga ke Lampung.***