TAPSEL - Upaya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tapanuli Selatan, untuk terus membina dan mengembangkan Perpustakaan Desa di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) membuahkan hasil.

Setelah beberapa waktu lalu didaulat untuk menjadi perwakilan dari Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Perpustakaan Al Hidayah Desa Natambang Roncitan Kecamatan Arse akhirnya keluar sebagai Juara III Perpustakaan Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Kabar membanggakan ini disampaikan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Tapanuli Selatan, Ongku Muda Atas Sormin pada saat di konfirmasi Gosumut.com , Rabu (19/8/2020).

Dalam keterangannya Ongku Muda Atas mengatakan, Sesuai Keputusan Lomba yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumut, Perpustakaan Al Hidayah Desa Natambang Roncitan Kecamatan Arse akhirnya keluar sebagai Juara 3 Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2020.

Menurut Ongku Muda Atas, Prestasi ini tidak diraih serta merta, Perlu proses dan kerjasama berbagai pihak, baik dengan pemerintah desa maupun dengan pengelola perpustakaan desa.

Hal ini dibuktikan, Perpustakaan Al Hidayah Desa Natambang Roncitan setidaknya mampu mengungguli puluhan perpustakaan Desa/Kelurahan dari Kabupaten/Kota lain yang juga turut serta dalam perlombaan ini.

"Perpustakaan Al Hidayah Desa Natambang Roncitan, akan di jadikan percontohan bagi perpustakaan Desa di Tapanuli Selatan", papar Ongku Muda Atas.

Ongku Muda Atas berharap dengan di raihnya juara 3 Perpustakaan Al Hidayah Desa Natambang Roncitan, perpustakaan desa lain supaya lebih eksis lagi dan berlomba - lomba untuk meningkatkan budaya minat baca masyarakat , "Dengan berliterasi, berkreativitas dan berinovasi untuk meningkatkan ilmu pengetahuan baik sosial dan ekonomi," pungkas Ongku Muda Atas.